Group kelurahan Botto berhasil keluar menjadi juara satu dalam festival takbir dan pukul bedug antar desa dan kecamatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Soppeng. Kelurahan Botto tampil bersama dengan lima group finalis lainnya di babak final yang digelar Sabtu malam (02/07/2016).
Dalam lomba yang diadakan Pemkab Soppeng yang bekerjsama dengan pengurus cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kab. Soppeng dan Ikatan Alumni SMA 200/1 Watansoppeng, tampil sebagai finalis yang juga sebagai juara lainnya, yakni juara 2 diraih kecamatan Marioriawa, dan juara 3 oleh desa Lompulle. Sedangkan untuk  juara harapan 1 diraih desa Belo, harapan 2 kecamatan Lalabata, serta juara harapan 3 diraih desa Kessing.

Dengan hasil tersebut Bupati Soppeng mengucapkan selamat kepada para juara lomba tersebut, dan kepada yang belum berhasil juara, diapun mengharapkan untuk tetap semangat dan tetap terus berlatih karena lomba tersebut telah djadikan agenda tahunan di bulan ramadhan.

“Saya nilai event ini berlangsung lancar dan sukses, serta mampu menarik animo masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini” ujar Bupati yang juga menutup secara resmi lomba yang dirangkaikan dengan penutupan ramadhan fair tersebut.

“Dengan festival takbir dan pukul bedug ini kita telah menyebarkan nilai – nilai Islam, kita berharap kedepan kegiatan semacam ini dapat terus diagendakan dan bobotnya lebih ditingkatkan lagi tentunya dengan berbgai evaluasi – evaluasi” tambahnya.

Sedangkan ketua panitia Akbar Pase mengungkapkan bahwa pemenang lomba berhak atas piala, uang pembinaan dan hadiah lainnya.

“Karena Bupati Soppeng sudah mengagendakan ini rutin tiap tahun kedepan, maka juara satu mendapatkan piala bergilir. adapula piala tetap, uang pembinaan dan juga hadiah lainnya juga didapatkan oleh juara lainnya” ucapnya.

“Kepada pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan, ini merupakan perhatian dan bentuk ibadah telah dilakukan” ujarnya.

Dalam lomba yang digelar sejak Sabtu (25/06/2016) lalu, 34 tim yg turut serta dalam lomba tersebut akhirnya menyisakan 6 tim untuk tampil dalam babak final. Penilaian lomba yang dilakukan oleh dewan juri yakni Ustadz Hendra Wirawan, Ustadz Kaharuddin, dan Muhammad Akbar meliputi 3 kriteria penilaian diantaranya takbir, pukul bedug, dan adab.

Kegiatan yang dilakukan pada malam hari itu juga ramai disaksikan ratusan masyarakat dan pendukung peserta. Selain Bupati Sopoeng yang menyerahkan piala bergilir kepada pemenang juara satu,  nampak pula Kapolres Soppeng Dodied Prasetyo Aji,  Dandim 1423 Soppeng Jeffry Antonius Bojoh, dan Kepala Kemenag Soppeng Huzaimah Rauf, Ketua NU Kab. Soppeng Azis Makmur, serta kepala Bank SulSelbar Soppeng juga turut hadir dan menyerahkan piala serta hadiah kepada para pemenang lomba lainnya.(Hasriadi/Humas Soppeng)