Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengajak berbagai pihak untuk memajukan olahraga di Kabupaten Soppeng dengan sering menggelar berbagai event kejuaraan olahraga.

Hal itu dijelaskan Andi Kaswadi Razak saat menutup secara resmi kejuaraan bulutangkis terbuka se Kab. Soppeng yang digelar oleh Persatuan Bulutangkis (PB) Sentosa bekerjasama dengan PBSI Kab. Soppeng, di gedung Koni, Senin malam (15/08/2016).

“Sekarang ini kejuaraan bulutangkis, kemarin Polres Soppeng juga menggelar kejuaraan voli dan tenis lapangan, dan tidak menutup kemungkinan pihak lain juga melakukan hal yang sama. Semakin sering dilakukan event olahraga maka kita akan mengetehui potensi dan mengukur kualitas atlet yang kita miliki” tutur Bupati Soppeng, Andi Kaswadi.

Dia juga menilai bahwa prestasi olahraga terbuka lebar karena Soppeng mempunyai potensi atlet yang luar biasa, bahkan menurutnya pemerintah daerah akan menggali potensi atlet mulai dari sekolah.

“Pembinaan akan dimulai dari sekolah-sekolah untuk mengidentifikasi potensi atlet yang dimiliki oleh Soppeng, dan pemerintah daerah juga sudah merancang untuk kedepannya bagaimana agar setiap cabang olahraga punya kesempatan yang sama dalam hal pembinaan” jelasnya.

Selain dari sisi atlet, Bupati Soppeng juga menilai adanya cabang olahraga yang membutuhkan evaluasi program kerja oleh organisasi – organisasi olahraga yang ada di Soppeng.

Kejuaraan bulutangkis yang dihelat oleh PB Sentosa dan PBSI Soppeng dalam rangka HUT RI ke 71 tersebut diikuti ratusan atlet bulutangkis yang ada di Soppeng yang dibagi dalam dua kelas yaitu Kelas A dan B.

“Kejuaraan digelar selama lima hari sejak 11 Agustus lalu yang juga dibuka secara resmi oleh Bupati Soppeng. Kelas A diikuti oleh 20 pasangan (40 atlet) dan Kelas B sebanyak 45 pasangan atlet (90 atlet) ganda putra, dan juara yang tampil pada malam hari ini mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan dari panitia” kata Moja selaku ketua panitia.

Penutupan kejuaraan yang dihadiri oleh Wabup Supriansa, Kapolres Dodied Prasetyo Aji, Kajari Soppeng Atang Pudjianto dan beberapa undangan serta atlet lainnya dilakukan setelah mempertandingkan partai final, dan berikut ini hasil pertandingan final kejuaraan bulutangkis terbuka se Soppeng :
Kelompok A :
– Juara 1 : atlet pasangan Anca-Wawan (asal kota Watansoppeng)

– Juara 2 : atlet pasangan Wawan-Iccang (asal Takalala, Kec. Marioriwawo)

– Juara 3 : atlet pasangan Nono-Amar (asal Takalala, Kec. Marioriwawo)

– Juara 4 : Rustan-Anto (Watansoppeng).

Kelompok B :

– Juara 1 : Nurdin-Edil (Watansoppeng)

– Juara 2 : Armin-Basri (Polres Soppeng)

– Juara 3 : Anto-Dadang (Cangadi, Kec. Liliriaja)

– Juara 4 : Sofyan-Ombe (Cabenge, Kec. Lilirilau).

(Hasriadi/Humas Soppeng)