Ratusan operator sekolah dari berbagai tingkatan pendidikan mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen ) di ruang pola kantor Bupati Kab. Soppeng, Sabtu (16/07/2016).
Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak saat membuka secara resmi Bimtek tersebut menyambut baik kegiatan itu sebagai upaya memaksimalkan pendataan di lingkungan sekolah untuk memperoleh data yang akurat khususnya siswa, guru, sarana dan prasarana sekolah.

“Dengan Bimtek ini mereka akan lebih profesional karena data yang ada disekolah mereka semua yang bertanggungjawab” ujarnya.

Terkait banyaknya operator sekolah yang belum memiliki penghasilan tetap namun mempunyai peran yang vital terhadap data sekolah, Bupati Soppeng akan memikirkan solusi dan akan memperhatikan para operator sekolah.

“meskipun mereka statusnya sukarela tapi tanggungjawabnya besar, maka inilah kewajiban kami selaku pemerintah daerah untuk memperhatikan mereka, dan juga bagaimana nanti agar dipatenkan karena ini mengenai data penting, jangan sampai operatornya selalu terganti” tutur Bupati Soppeng.

Narasumber yang dihadirkan langsung dari Kementerian pendidikan, salah satunya Kasubag Program Kemendikbud RI, Pribowo Putro, menjelaskan bahwa pada intinya dibutuhkan pemahaman yang sama terhadap aplikasi yang digunakan dalam pendataan.

“Jadi operator sekolah dari berbagai tingkatan pendidikan dalam Bimtek ini nantinya mempunyai pemahaman yang sama terhadap aplikasi Dapodik, kalau mereka mempunyai pemahaman yang sama maka akan lebih memudahkan datanya masuk hingga 100 persen” jelas Pribowo Putro.

Sedangkan panitia pelaksana, Rusman, menjelaskan bahwa ada empat materi yang akan disajikan dalam Bimtek yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, dan hingga dimulainya acara pembukaan peserta masih terus bertambah.

“Sudah 321 peserta yang melakukan registrasi ke panitia, ini akan terus bertambah, rekan-rekan yang dari sekolah pelosok baru tiba juga, kami masih menerima sampai dimulainya materi nantinya” ucap Rusman.(Hasriadi/Humas Soppeng)