Soppeng. Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH membuka Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng Triwulan II Tahun Anggaran 2016 di Ruan Rapat Gabungan Dinas Kantor SKPD Lt. II jl. Salotungo pada hari Rabu Tanggal 14 September 2016.
Kepala DPPKAD Drs. Dipa, M.Si sebagai Plt. Kepala BAPPEDA dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengetahui sejauhmana perkembangan pelaksanaan kegiatan di masing-masing Satuan Kerja, serta Upaya dan Solusi yang harus ditempuh dalam menyikapi setiap permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan Kegiatan, maupun langkah-langkah percepatan Pelaksanaan kegiatan.
“Dalam rapat ini seluruh Instansi baik otonom maupun vertical akan melaporkan perkembangan/kemajuan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di instansinya baik progress fisik maupun penyerapan keuangan serta permasalahan dan Solusinya” kata Dipa.
Dipa menyampaikan secara rinci setiap sumber dan dana pencapaian sampai Akhir Triwulan II Tahun 2016 yang diurai sebagai berikut:
– Kegiatan yang bersumber dai APBN/PHLN dikelola 18 Satker baik vertical maupun otonom dgn realisasi dan perkembangan kegiatan adalah Keuangan Rp. 29.717.555.335 atau 19,42 % dan fisik 30,98 %
– Kegiatan yang bersumber dari APBD Propinsi dikelola oleh 7 Satker dengan capain kegiatan fisik dan Keuangan 0 %.
– Kegiatan yang bersumber dari APBD dikelola 47 Satker termasuk 8 Kecamatan dengan capai realisasi 94.865.392.575,- atau 28, 57 % dan Fisik 30.68 %
– Kegaiatn bersumber DAK sebanyak 11 Bidang dikelola 14 SKPD dengan capaian kegiatan Rp. 30.955.943.611,- atau 16,36 % dan Fisik 9,85 %.
“ Salah satu penyebab rendahnya pencapaian kinerja adalah SKPD propinsi yang mengelolah APBN serta APBD yang kegiatannya dialokasikan di Kab. Soppeng tidak menyampaikan laporan perkembangan pelaksanaan kegiatannya secara rutin dan tepat waktu setiap triwulan kepada Pemerintah Daerah ( BAPPEDA)” lapor Dipa.
Supriansa dalam sambutannya mengharapkan SKPD atau Unit Kerja yang mengelolah APBN/PHLN yang kinerjanya masih mengalami keterlambatan supaya segera mengambil langkah percepatan penyelesaian kegiatannya, karena keterlambatannya akan berdampak terhadap pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dan akan menghambat pula Upaya Pencapaian kinerja pembangunan daerah.
Rapat koordinasi ini dihadiri pula SEKDA, Asisten dan Staf Ahli Pemda Soppeng, Anggota Tim TP4D Kab. Soppeng, para Kepala SKPD, Kepala Bagian Setda , Kepala Instansi Vertikal, Para Camat, Para Lurah dan Kades Se-Kab. Soppeng.

BAGIKAN