Rabu tanggal 12-10-2016 bertempat di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata, Pemerintah Daerah Nunukan yaitu SKPD BPMPD Kabupaten Nunukan berserta 35 Desa berkunjung dalam rangka Studi Kerja tentang Tatacara Pengelolaan serta Proses Penyadapan Gula Aren yang salah satu Bumdes di Desa Umpungeng.
Hadir dalam acara kunjungan lokasi ini Kepala BPM dan Pemdes Kabupaten Soppeng Andi Agus Nongki, S.IP, M.Si, Sekretaris BPM dan Pemdes, Drs. A. Zulfan . AE, Camat Lalabata ST. Kurniawaty. B, S.STP, M.Si, pegawai dinas Koperindag Alimin,  Kepala Desa Umpungeng Salahuddin, S.Ag, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan Sitti. Hasnah bersama rombongan, Para Kepala Desa se Kabupaten Nunukan serta masyarakat desa Umpungeng.
Pada acara tersebut Kepala Desa Umpungeng memberi kata sambutan penerimaan selaku tuan rumah desa Umpungeng mengatakan bahwa potensi desa ini sebenarnya banyak sekali, dan salah satunya adalah usaha gula merah, yang terdiri dari 109 pengurus penyadap enau yang dikelola dan dimanajemen oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa). Desa Umpungeng masyarakatnya sebagian besar berpenghasilan petani kebun, diantaranya cengkeh, coklat, durian, rambutan, langsat, buah pangi serta kemiri.
Buah pangi ini adalah salah satu makanan tradisional kabupaten Soppeng yang bernama “Kaloa”, dapat pula dibuat sebagai dodol pangi dan inipun merupakan potensi yang dapat dijual kemasyarakat lokal maupun wisatawan
Setelah itu Ibu Kepala Bidang Pemerintahan Desa Juga memberikan kata sambutan dan ucapan terima kasih kepala Pemerintah Kabupaten Soppeng yang memfasilitasi kegiatan kunjungan kerja ini, sehingga dapat berjalan dengan sesuai rencana. Dan tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepala Kepala Desa, aparatur Pemerintah Desa serta warga masyarakat Umpungeng yang sangat antusias menerima sehingga kegiatan ini begitu banyak manfaat dan ilmu yang didapat, semoga apa yang dipetik di desa ini dapat di terapkan di Desa Kabupaten Nunukan.dsc_1251
Dinas Koperindag Alimin beserta pengurus Bumdesa memberikan materi sekaligus praktek tentang tata cara pembuatan gula merah yang terbuat dari aren, serta menyuguhkan berbagai macam hasil olahan gula merah tersebut diantaranya tuak manis, sonri golla, dodol pangi serta kaloa.
Diakhir acara tersebut penyerahan dan menukaran cindera mata/plakat serta oleh-oleh di kedua belah pihak, Kepala Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Andi Agus Nongki, S.IP, M.Si  dengan Ketua Tim Pelaksanan Kegiatan Kepala Bidang pemerintahan Desa St. Hasnah dari Pemda Nunukan. Dan makan siang bersama di Rumah Kepala Desa Umpungeng serta foto bersama di Kator Desa Umpungeng.
Sepulang dari Desa Umpungeng tak lengkap rasanya berkunjung ke Kabupaten Soppeng jika tidak menikmati keindahan Kota Kalong dan bangunan tua peninggalan Kerajaan Belanda yaitu ke Villa Yuliana, seraya perpisahan Kunjungan Kerja Pemda Nunukan.
By…A. Wawan Pemdes

BAGIKAN