Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan acara lomba menu tradisional dlam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke -72 di Gedung Gabungan Dinas Lt.1 dan 2 Jl.Salotungo Kamis 10 Agustus 2017.
Ketua Panitia Lomba Kebersihan dan Lomba Menu Tradisional A.Aswan Said, M.Si dalam laporannya mengatakan lomba menu tradisional terdiri dari berbagai kategori yaitu :
1. lomba cipta menu tradisional ini diikuti 28 SKPD.
2. lomba kue tradisional 7 macam diikuti 8 Kecamatan dan perwakilan Kodim, Mapolres, PKK
3. lomba kue tradisional asin, manis dan non beras, non terigu
4. Lomba membuat Nasi Goreng antar Kepala SKPD

A.Aswan mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya kuliner dan meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam mengolah bahan pangan lokal menjadi bahan makanan siap saji.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya mengatakan dengan berbagai macam kuliner dan masakan tradisional yang dilombakan pada kegiatan ini dengancita rasa dan bentuk yang berbeda-beda menunjukkan bahwa betapa besar produksi budaya tradisional bangsa kita yang diharapkan tidak tergeser oleh zaman dari keanekaragaman makanan yang bercita rasa modern dan mengandung zat-zat kimia yang rentan terhadap kesehatan.


“ Pada lomba ini saya mengharapakan kegiatan ini dapat menjadi ajang memperkaya kreatifitas dan kedepan mampu menjadi salah satu daya tarik yang dapat ditawarkan kepada tamu atau wisatawan yang berkunjung di daerah ini dan menjadi salah satu ikon wisata” harap Kaswadi.


Selain itu kaswadi mengharapkan kepada seluruh masyarakat, selain mampu mengolah makanan Tradisional, harus juga mengetahui seluk beluk atau sejarah makanan ini.


“Pada dahulu kala kalau akan menyajikan makanan pada raja, bentuk dan jenis suatu makanan akan menjadi ciri khas untuk membedakan antara menu makanan raja dengan makanan rakyat biasa, seperti halnya rumah bugis yang “timpa lajangnya” di atap menjadi model pembeda antara rumah raja, bangsawan atau rakyat biasa” jelas Kaswadi.


Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Soppeng, para anggota Forkopimda, Ketua TP.PKK Soppeng, para Kepala SKPD, para Camat dan Lurah.

BAGIKAN