Rabu tanggal 09 Agustus 2017 pukul 09.00 wita di Gedung Pertemuan Masyarakat Kel. Botto Kec. Lalabata Kab. Soppeng tepatnya disamping Lapangan Gasis Watansoppeng telah berlangsung kegiatan Optimalisasi Peran Tiga Pilar Kamtibmas (Lurah/Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kab. Soppeng.


Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan kegiatan optimalisasi ini , Saya nilai sangat strategis dalam rangka Mendorong terpeliharanya tingkat keamanan dan masyarakat terutama di desa,dan kelurahan dimana ke tiga pilar ini yaitu Kepala Desa/Lurah,Bhabinkamtibmas dan Babinsa.
“diharapkan selalu bersinergi terutama dalam deteksi dini gangguan-gangguan Kamtibmas karena Seperti kita ketahui bahwa tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas itu sendiri harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat ,penegak hukum,perlindungan serta pengayoman masyarakat di desa atau kelurahan” harap Kaswadi


Selain itu Bupati Soppeng menjelaskan bahwa tugas pokok dan fungsi kepala desa atau lurah harus memegang teguh pengalaman Pancasila,UUD 1945 Serta dapat memelihara keutuhan NKRI,dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sedangkan Babinsa sebagai unsur pelaksanaan Koramil bertugas melaksanakan bimbingan teritorial,memberikan penyuluhan bela negara kepada masyarakat setempat,serta pembangunan masyarakat di bidang pertahanan dan keamanan negara.
Untuk itu, lanjut kaswadi, dalam rangka mensinergikan peran ketiga pilar tersebut ada pun prinsip-prinsip yg harus dilaksanakan secara bersama yaitu:
1.komunikasi yang intensif
2.transparansi
3.kesetaraan dalam penyelesaian masalah serta komitmen mewujudkan Kamtibmas.


Turut Hadir Ketua DPRD Kab. Soppeng diwakili Wakil Ketua 2 Andi Mapparemma, Kapolres Soppeng AKBP Indra Lutrianto Amstono, S.H.,M.Si, Dandim 1423/Soppeng Mayor Inf Timin Budiyanto, Kajari Soppeng diwakili, Ketua Pengadilan Negeri Irianto Prijatna Utama, SH.,M.Hum, Para Perwira Kodim 1423/Soppeng dan para Perwira Polres Soppeng, Para Unsur Tripika Se-Kab. Soppeng, Para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah/Kades Se-Kab. Soppeng serta undangan lainnya.

BAGIKAN