Sosialisasi dan pertemuan Konsultasi Publik sebagai bentuk pelibatan masyarakat dalam kegiatan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL)

Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH didampingi Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng Andi Nurul Muhliza menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi dan pertemuan Konsultasi Publik sebagai bentuk pelibatan masyarakat dalam kegiatan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang berada di sekitar lokasi rencana kegiatan pengembangan RSUD Latemmamala di Ruang Pertemuan RSUD latemmamala (Lantai 2) Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata pada hari Selasa tanggal 03/10/2017 Pukul 10.00 Wita.
Panitia pelaksana Hj. Kartini dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasar dari sudah adanya adendum AMDAL sebelumnya akan tetapi karena dalam adendum tersebut belum tercakup semua kegiatan pengembangan RSUD Latemmamala, maka RSUD Latemmamala akan merevisi adendum tersebut. Untuk itu, RSUD Latemmamala bekerjasama LP2M Unhas Makassar melaksanakan adendum AMDAL dan Sosialisasi sekaligus Konsultasi Publik bersama masyarakat yang ada di sekitar wilayah RSUD Latemmamala.


Kartini menambahkan peserta kegiatan ini adalah Angggota Forkopimda Soppeng, Para Kepala SKPD terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Camat, Lurah serta masyarakat di sekitar RSUD Latemmamala. Dana kegiatan ini berasal dari pendapatan operasional BUD RSUD Latemmamala.
Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH dalam sambutannya menuturkan Peraturan Pemerintah No 27 tahun 2012 pasal 50 ayat 1 memerintahkan jika ada perubahan sebuah kawasan yang sudah memiliki AMDAL, maka penanggungjawab perusahaan itu harus mengajukan kembali perubahan dengan pelibatan masyarakat. Saya memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD Latemmamala yang telah melakukan kegiatan sesuai dengan aturan. pengembangan RSUD latemmamala ini harus mempunyai master plan yang matang. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan pengembangannya dapat berjalan lancar karena sudah include dari awal. Kepada para peserta konsultasi publik berikanlah masukan kepada peyelenggara pengembangan RSUD Latemmamala ini. Jika memang ada sesuatu yang dapat berdampak negatif terhadap pelaksanaan kegiatan ini berikan masukan mengingat kebutuhan pengembangan RSUD latemmamala ini sudah sangat mendesak. RSUD Latemmamala ini kita mau bangun dengan baik. RSUD kita ini merupakan harapan masyarakat kalau dari sekarang kita tidak berusaha untuk merubahnya kapan Kabupaten ini bisa berubah.


Wakil Bupati Soppeng menambahkan Dari hari ke hari saya lihat di media sosial keluhan masyarakat mengenai antrian. Saya kadang kadang berpikir bahwa kalau antri itu berarti banyak yang sakit. Banyak yang membutuhkan jasa tenaga medis di RSUD ini. Tinggal kita mau perbaiki sedikit lagi. Saya minta Direktur RSUD agar menyediakan alat pendingin di ruang tunggu RSUD ini agar para pasien yang mengantri sejuk dan betah menunggu antrian. Bapak Bupati Soppeng sangat konsen terhadap RSUD ini. Bapak Bupati mau agar RSUD ini tampil dengan baik, memberikan pelayanan dengan baik dan apapun yang dibutuhkan RSUD ini APBD kita siap bantu. Kami berharap agar manajemen RSUD ini dapat dikembangkan dengan baik sehingga mampu menjadi inovasi Daerah. Hal ini perlu mengingat RSUD ini menyangkut pelayanan kebutuhan dasar masyarakat dalam bidang Kesehatan. Hal ini perlu kita Support.


Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur RSUD Latemmamala, Kasdim 1423 Soppeng, Kasat Reserse Polres Soppeng, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, para Camat, para Lurah terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta tamu undangan lainnya.

released by. Edy

BAGIKAN