Rapat Kordinasi Persiapan Musrenbang penyusunan RKPD Tahun 2019

Pembukaan Rapat Kordinasi Persiapan Musrenbang penyusunan RKPD Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Drs.H.A Tenri Sessu M.Si di ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jalan Salotungo Kecamatan Lalabata.watansoppeng Kamis, 1 februari 2018
Drs.H. A. Tenri Sessu M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan peraturan dalam negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang cara perencanaan ,pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD,serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD bahwa musyawarah perencanaan pembangunan yang selanjutnya disingkat musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembagunan daerah.
Tenri Sessu menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD terdiri atas Musrenbang RKPD di tingkat kabupaten dan Musrenbang RKPD di tingkat kecamatan, Musrenbang RKPD kabupaten dilaksanakan paling lambat pada minggu ke empat Maret 2018
Beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini adalah:
1. Musrenbang yang akan dilaksanakan bertujuan untuk membahas Rancangan RKPD Tahun 2019 yang telah dikonsultasi publikkan beberapa hari yang lalu
2. Pembahasan Rancangan RKPD dilaksanakan dala rangka menyepakati permasalahan pembangunan Daerah; menyepakati prioritas pembangunan Daerah; menyepakati program,kegiatan,pagu indikatif,indikator dan target kinerja serta lokasi penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangun provinsi dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan.
3. Musrenbang RKPD kabupaten di tingkat kecamatan dilaksanakan paling lambat minggu kedua pada bulan Februari.
4. Diharapkan agar dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan, melibatkan seluruh stakeholder pembangunan di tingkat kecamatan.
5. Usulan yang diarahkan untuk dibiayai oleh Pagu Indikatif Kewilayahan harus memperhatikan prioritas pembangunan khususnya pembangunan/ peningkatan jalan perintisan jalan tani,pembagunan irigasi.
6. Dalam pelaksanaan Musrenbang agar memilih tempat yang representatif.
7. Untuk tingkat desa tata cara pengajuan usulan memperhatikan peraturan menteri tentang pembangunan desa. Jadi yang diusulkan di Musrenbang Kacamatan adalah hasil musrenbang desa yang tertuang di RKP desa.
Turut hadir Para asisten sekretariat daerah kab.soppeng,para kepala skpd lingkup pemerintah kab.soppeng,para kepala instansi vertikal ,BUMN, BUMD kab.soppeng,para kabag sekretariat daerah kab.soppeng,para camat se kab.soppeng,kepala desa dan lurah se kab.soppeng,dan peserta RAKOR MUSRENBANG.