Kominfo Adakan Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa Melalui E-Catalogue

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Ayooklik.com PT.AirMas Pantero mengadakan Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa Melalui E-Catalogue, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng. Rabu (11/4/2018)
Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Drs.Ilham, M.Si yang mewakili Bupati Soppeng Andi kaswadi Razak yang membuka langsuang acara tersebut mengatakan, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang efisien, efektif dan transparan merupakan salah satu bagian yang penting, dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara, salah satu perwujudannya adalah dengan pelaksanaan proses pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara Elektronik yaitu pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan transaksi elektronik.

Kata Ilham, melalui sistem yang disediakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
“Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara elektronik diatur dalam Pepres No.54 Tahun 2010 beserta perubahannya tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan Kepala LKPP No. 14 Tahun 2015 tentang E- Purchasing. Sedangkan Pepres yang terbaru No.16 Tahun 2018 akan mulai berlaku pada bulan Juli Tahun 2018.”ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Fithratuddin mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait E-Katalog dan E-Purchasing, yang menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah, yang transparan dan efesien, serta mempercepat penyediaan fasilitas kinerja kantor dan pelayanan masyarakat.


Fitrahuddin menyebutkan, keunggulan Dalam menggunakan E-Katalog, semua pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat, dan mudah apalagi informasi spesifikasi, harga dan merk telah dapat diakses oleh semua pihak, sehingga pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannnya.
Fitrahuddin menambahkan, Pengadaan barang atau jasa melalui e-katalog akan lebih transparan, sebab barang yang akan dibeli sudah dicantumkan harga sehingga tidak akan ada manipulasi dalam pembelian.
“Pengelola pengadaan hanya perlu login dan melakukan transaksi melalui halaman E-Katalog” Ungkap Fitratuddin
Adapun tujuan acara tersebut untuk meningkatkan efektivitas proses pengadaan barang/jasa pemerintah, diperlukan upaya untuk menciptakan keterbukaan dan transparansi dalam proses pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh APBD.
Peserta sosialisasi terdiri dari Pegawai Layanan Pengadaan Kabupaten Soppeng