Bupati Soppeng : Petugas PKH Harus Menjalankan Tugas Dengan Baik Termasuk Menginformasikan Tentang Program-Program Pemda

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE bersama Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH menghadiri kegiatan Bupati Menyapa sebagai wujud Pemerintahan Yang Melayani dan Lebih Baik di Halaman Kantor Kecamatan Ganra pada hari Rabu, 12 September 2018

Camat Ganra Muh. Idrus, S. Sos dalam laporannya mengatakan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dimana masyarakat meminta jika memang memungkinkan agar kiranya dapat di alokasikan mobil PMK dan lahan untuk Pos PMK sudah kami siapkan.

Dandim 1423 Soppeng Letkol. Arm. Fajar Catur Prasetyo saat memberikan arahan mengatakan Soppeng penghasil beras terbaik. Saat ini untuk LTT kita sudah mencapai 109 %. Serapan gabah kita yang ada di gudang Bulog sekitar 5.700 ton. Kami menghimbau kepada petani untuk dapat memperkuat stok beras Nasional dengan menjual 10% hasil pertaniannya kepada Bulog. Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga agar terhindar dari kebakaran. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi yang kondusif mengingat Pilkades, Pileg dan Pilpres akan berlangsung. Jangan menyebarkan berita bohong, jangan mengintimidasi, jangan menakut nakuti antar sesama.

Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH dalam sambutannya menuturkan tidak lama lagi saya akan menjadi mantan Wakil Bupati. Banyak pertanyaan kenapa saya harus mundur. Seandainya untuk kepentingan saya pribadi dan keluargaku maka menjadi Wakil Bupati sudah cukup buat saya. Tapi ini demi kepentingan masyarakat banyak khususnya di Soppeng. Rencana mundur ditujukan ke Provinsi dan Mendagri itupun jika tanggal 21 nanti ada namaku berarti saya mundur. Alhamdulillah janji kami untuk membangun jalan 100 km per tahun sudah terealisasi. Janji kami akan perbaiki pelayanan Kesehatan terbukti dengan adanya mobil Mappajappa tiap Kecamatan. Pemadam Kebakaran Insya Allah 2019 akan tersedia di Kecamatan Ganra. Kartu Macca harus di gunakan kepada masyarakat yang tidak mampu. Serta Janji kami Apabila terpilih Kondisi pertanian harus bagus. kita pernah mengalami kelangkaan pupuk, namun mampu diatasi dengan kebersamaan. Termasuk pengadaan hand traktor di setiap kelompok tani terpenuhi. Pembangunan bendungan Coppo jompi sudah dirintis jalannya sampai di area bendungan. Insya Allah pada 2019 sudah dimulai pengerjaannya. Sesungguhnya niat ini untuk hijrah ke Jakarta untuk kepentingan masyarakat banyak di daerah kita, bersama bapak Bupati kami tidak ada masalah keputusan ini diambil. Ini adalah kesepakatan bersama. Dalam kesempatan ini saya juga ingin meminta maaf jika ada kata kata saya dan tingkah laku saya yang kurang berkenan. Semoga di suatu dan lain kesempatan kita akan bertemu lagi.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menuturkan Kami Mengajak semua stekholder untuk hadir agar apabila ada yang ditanyakan masyarakat bisa di jawab dengan baik dari setiap instansi yang ditujukan. Ternyata masih banyak masyarakat kita yang tidak paham dan tidak ada informasi bahwa bagi yang tidak terakomodir beras rastra Pusat di mungkinkan terakomodir rastranya melalui kartu Macca yang merupakan Program Pemerintah Daerah. Saya ingatkan kepada petugas PKH agar dapat menjalankan tugas dengan baik termasuk menginformasikan kepada masyarakat tentang program program Pemerintah Daerah. Termasuk program di mana kita tidak lagi menunggu BPJS. Insya Allah dalam waktu dekat Di Rumah Sakit orang tidak perlu lagi datang antri. Cukup menelpon untuk mengambil nomor antrian dan kita bisa mengetahui jam berapa kira kira giliran kita. Sementara aplikasinya kita buat dan akan di fungsikan tahun ini. Termasuk CT scan dan cuci darah akan di fungsikan. Alhamdulillah semua janji janji kami sudah hampir kami laksanakan. Kita ini adalah pelayan masyarakat.Terkait infra struktur di Kecamatan Ganra, kita alokasikan anggaran 5 Milyar untuk normalisasi sungai Bakke dimana akan diperlebar dan pinggirnya bisa dilewati. Jalanan antara Leworeng dengan Lompulle Insya Allah akan tuntas tahun ini dengan jalan beton. Di tahun 2019 mudah mudahan jalanan di Kecamatan Ganra dapat kita tuntaskan perbaikannya semua. Di samping itu, lebih dari 10 Milyar dana yang digunakan untuk perbaikan saluran air bendung Tinco dan mudah mudahan airnya bisa sampai di Kecamatan Ganra. Sektor pertanian menjadi harapan kita sehingga kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur masyarakat. Kami sangat mengharapkan kerjasama dari kita semua agar dapat menjadikan daerah kita lebih baik. Termasuk saran dan masukan dari masyarakat agar program yang akan kami laksanakan dapat sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Kadis Sosial Drs. H. Nurdin, M. Si menjelaskan jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Soppeng 14.623. Yang di biayai rastra Pusat 13.161. Sisanya 1.462 di biayai oleh Pemerintah Daerah dengan dana 1 Milyar 740 ribu rupiah. Kartu Macca ada 7 manfaat yaitu bebas persalinan, bebas KTP, KK dan akte kelahiran, bebas raskin, bebas bantuan hukum, bebas benih ikan bagi yang punya lahan, bebas kesehatan dasar, bebas beasiswa bagi yang berprestasi.

Kepala BPKD Drs.Dipa, M. Si menjelaskan Kabupaten Soppeng sudah masuk kategori 2C artinya cakupan pelayanan kesehatan sudah melebihi 90%. Jadi sudah tidak ada lagi masyarakat yang ketika berobat di Rumah Sakit maupun Puskesmas tidak punya BPJS harus menunggu 3 s/d 7 hari baru aktif kartu BPJS. Sekarang langsung aktif kartu BPJS nya. Dalam waktu dekat ini akan di lakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan BPJS.

Turut Hadir dalam kegiatan ini para Anggota Forkopimda Soppeng, Sekda Soppeng, para Asisten dan Staf Ahli Setda, Para Kepala SKPD, Para Camat, Para Kepala Desa se Kecamatan Ganra, serta tokoh masyarakat, Agama, Pemuda dan segenap warga Masyarakat Ganra.