Rombongan Pengungsi Dari Palu Tiba Tadi Subuh di Baruga Rujab Bupati Soppeng

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE bersama jajarannya melayani rombongan pengungsi dari palu yang tiba tadi subuh di baruga rumah jabatan Bupati Soppeng jalan Pengayoman Watansoppeng, Sabtu 06 Oktober 2018.

Ratusan pengungsi dari Palu ini langsung mendapat penanganan medis dari tim Kesehatan Rsud Latemmamala yang dipimpin langsung oleh dr. Nirwana. Menurut Nirwana ada beberapa pengungsi yang sakit dan tak bisa berjalan karena sakit saat terjadi gempa dan tsunami di palu.

“Ada balita yang harus kami bawa kerumah sakit karena demam, itu harus diperiksa lagi karena bisa kemungkinan ada penyakit lain”jelas Nirwana.

Dari seluruh pengungsi yang ada akan dibawa langsung ke rumah masing masing baik dijemput sendiri atau diantara langsung oleh camat setempat.

Salah satu pengungsi korban gempa yang bernama Sulham yang berasal dari semarang jawa tengah mengatakan sangat trauma dan tidak berniat kembali ke palu untuk jangka lama.

Sulham yang berasal dari jalan anoa palu selatan mengisahkan bahwa rumah yang ia bangun selama 7 tahun gempa hancur dalam beberapa menit.

“untung saya beserta keluarga bisa selamat dan akan langsung ke jawa hari ini naik pesawat” ujarnya.

“Saya dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada Bupati Soppeng yang mau membantu dan melayani kami dari pengungsian sampai saat ini, begitu juga atas bantuan biaya perjalanan kami yang ditanggung sampai rumah kami di semarang”tuturnya.

Sulham bersama istri dan pengungsi dari takalar diantar

Langsung oleh kepala dinas Sosial Kabupaten Soppeng Drs.H.Nurdin menggunakan mobil dinas.

Bupati Soppeng saat diwawancarai Media terkait pelayanan pengungsi mengatakan semua pengungsi harus sampai rumahnya baik pengungsi dari Soppeng atau pun dari daerah lain bahkan dari jawa harus ditangani.

“Mereka adalah saudara kita yang terkena musibah, kita wajib membantunya”tuturnya.

Setelah diperiksa dan sarapan para pengungsi dibagikan pakaian dan obat obatan dan selanjutnya menuju ke daerah masing-masing.

Turut hadir Sekda Soppeng, Asisten dan staf ahli, Para Kepala Dinas, Kepala Bagian Setda, Para camat bersama lurah dan kades, tim pelayanan kesehatan dan media