Diskominfo Menggelar Sosialisasi PPID Dengan Seluruh Pejabat di Lingkup Pemkab Soppeng

Kepala dinas Kominfo Drs.A.Fitratuddin, M.Si melakukan pertemuan dengan seluruh pejabat pembantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemerintahan Kabupaten Soppeng di ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng, Selasa 23 Oktober 2018.

A.Fithratuddin saat membuka acara menyampaikan bahwa salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Kapasitas dan kompetensi para PPID Pembantu di setiap SKPD dalam mengelolah Informasi. Menurutnya, PPID Pembantu dikepalai oleh sekretaris Dinas, Sekretaris Badan, Kepala Bagian Tata Usaha, yang ditetapkan lebih lanjut dengan Keputusan Bupati.

“PPID pembantu bertugas membantu PPID Utama melaksanakan tanggungjawab, tugas dan kewenangannya  dalam menyampaikan informasi dan dokumentasi secara berkala” Jelas A.Fitra.

Adapun 2 Pemateri yang berasal dari Pemprov Sul-Sel yang hadir, salah satu Narasumber yakni Anggota Komisi Informasi Propinsi Sulawesi Selatan Abdul Kadir Patwa  saat memberikan materinya menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Soppeng patut berbangga karena menjadi pionir atau pelaksana pertama di Sulawesi Selatan yang melahirkan MOU dengan seluruh Kepala Desa terkait Pengelolaan Dana Desa.

Bahkan menurut Abdul, Soppenglah yang pertama kali melaksanakan pelatihan PPID di Sulawesi selatan yang menjadi teladan dan rujukan bagi daerah lain di Sulawesi Selatan.

“salah satu Fungsi  PPID adalah  sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik” jelasnya

Dengan keberadaan PPID, Lanjutnya,  maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu karena bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik.

“saya Berharap dengan pembinaan ini bisa mewujudkan  pemerintahan yang baik, bersih dan pelayanan yang maksimal  dalam memberikan informasi yang transparan dan akurat untuk menjadi konsumsi masyarakat.

Turut hadir Rusdi Sudin pengelola PPID Propinsi Sulsel, para Sekretaris SKPD, Para Sekretaris Camat se-Kabupaten Soppeng, dan undangan lainnya.