Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Sekaligus Pendistribusian Dana Zakat 1440 H – 2018 M

Sekretaris Daerah Drs.H.A.Tenrisessu, M.Si menghadiri Acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 2018 M/1440 H, dan penyerahan Santunan Zakat oleh BAZNAZ Kabupaten Soppeng di Lapangan Gasis Watansoppeng jalan Kesatria Watansoppeng, 12 November 2018.
Sekda dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada pihak BAZNAS Kabupaten Soppeng serta seluruh komponen masyarakat atas sinergi yang dibangun sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.
”Penyerahan santunan zakat pada hari ini merupakan suatu peristiwa penting yang berdimensi keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang menawarkan nilai-nilai kehidupan sekaligus semakin mempertegas bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi ummat manusia” tuturnya
Kita ketahui bersama, lanjutnya, bahwa kedudukan ibadah Zakat, selain sebagai salah satu ibadah wajib yang tertuang dalam rukun Islam, Zakat Juga sesungguhnya memiliki dimensi sosial yang cakupannya sangat luas. Islam mengajarkan umat manusia untuk saling tolong menolong dalam kebaikan serta mengasihi fakir miskin dan kaum dhuafa, bahkan Islam mewajibkan orang yang memiliki harta atau mereka yang berpunya untuk mengeluarkan zakat karena dalam harta itu terdapat hak kaum dhuafa atau fakir miskin.


”Oleh karena itu jika kita semua khususnya yang berkelebihan berlomba-lomba mengeluarkan zakat niscaya akan terhimpun dana yang sangat besar sebagai sumber dana pembangunan untuk mengurangi kemiskinan dan bahkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat” jelasnya
Untuk itu, tambah Tenrisessu, menyadari peran dan fungsi zakat yang begitu strategis dalam upaya pembangunan dan pembinaan umat maka dalam perkembangannya kedepan, zakat perlu mendapatkan perhatian dengan serius serta dikelola secara produktif,transparan dan akuntabel.
”Saya berharap kepada pihak BAZNAS disetiap Kecamatan mampu semakin berperan secara profesional dalam menjembatani keberhasilan pengelolaan zakat didaerah ini dimana pihak Kementrian Agama memiliki kewajiban dalam pembinaannya, dan Selanjutnya kepada penerima zakat, saya ucapkan selamat dan mengharapkan kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya untuk kegiatan- kegiatan yang produktif” Harap Sekda Soppeng.
Prof. Dr. Kh. Farid Wajdi, MA (Pimpinan Pusat DDI Mangkoso) dalam ceramahnya mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk mengingat adanya zakat. Dalam arti zakat yaitu mengeluarkan
Dalam zakat ada berapa macam :
-Zakat bersih/suci
-Zakat memberi kebaikan/talak balah
-Zakat berkah
Pada tahun 2000 sebagai pengurus Zakat mengeluarkan Zakat terlebih dahulu”tuturnya, Seseorang yang baru saja mengeluarakan zakat jangan sombong akan dilihat dermawan. Selanjutnya Mengajarkan zakat lebih dini untuk anak-anak.
Kepala Baznas Soppeng DR.H.Sukardi Deppung, MM menjelaskan bahwa pada kegiatan ini, Baznas memberikan Bantuan pada, Guru pengaji 15 orang, Pengurus mesjid 11 orang per mesjid, Bantuan modal usaha 97 orang. Rumah tahfiz 10 juta.Lembaga syara 10 juta, Bantuan P2K3 tetewatu 5 juta,. “Selain itu 50 orang miskin mendapatkan beras dan uang transport, Bantuan pengunsi palu 15 juta diberikan langsung pada Kadis Sosial Soppeng”tuturnya.
Turut hadir Perwakilan dari Forkopimda, Kepala SKPD/OPD, Ketua MUI Kab.Soppeng, Ketua BAZNAS Kab.Soppeng