Asisten II Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Drs H A Akbar Nur Thahir menerima kunjungan dari Induk Koperasi Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia ( INKOP PAMSI) di ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Soppeng Lt.2 jl. Salotungo Kel.Lalabatarilau Kecamatan Lalabata Kab.Soppeng, Kamis 07 September 2017.


A.Akbar mengatakan selaku pemerintah kami mengharapkan Inkop Pamsi ini dapat memberikan peluang kepada PDAM Soppeng untuk peningkatan, Pengembangan, pengelolaan, dan menagemen PDAM Soppeng yang berbentuk pelatihan serta memberikan bantuan IT untuk membantu meningkatkan pelayanan pada masyarakat.


“ Selain itu, Inkop Pamsi diharapkan dapat memfasilitasi Dana Hibah dan DAK untuk mempercepat pelayanan kebutuhan Masyarakat, karena Inkop Pamsi ini dapat memberikan pinjaman modal dulu kepada PDAM sebelum cair Anggarannya” Harap Akbar.
Manager Induk Koperasi Inkop Pamsi Suwarno mengatakan salah satu tujuan berdirinya Inkop Pamsi adalah Meningkatkan Kesejahteraan Anggota pada khususnya dan Masyarakat pada Umumnya serta Menjadi Penggerak Ekonomi Rakyat serta ikut serta dalam membangun tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan.


Suwarno menjelaskan bahwa Inkop Pamsi yang berkanto pusat di Jakarta memiliki unit usahanya meliputi Unit Pembiayaan /USP, Program Hari Tua Plus, Pembiayaan Umroh, dan Pengadaan Barang dan Jasa, termasuk Paket Sambungan Rumah.
Secara garis besarnya suwarno mengatakan setelah bergabung dengan Inkop Pamsi maka kami berupaya mencari penyelesaian masalah yang timbul dalam tubuh PDAM karena Untuk INKOP PAMSI sendiri, beberapa manfaat / keuntungan riil yang bisa didapatkan dengan menjadi anggota, Salah satunya, seandainya PDAM kesulitan pendanaan, atau kesulitan memperoleh material-material kebutuhan teknis PDAM, Dengan menjadi anggota, otomatis induk koperasi bisa menjembatani kebutuhan PDAM tersebut.


Plt. Kabag Umum dan Keuangan PDAM yang sekaligus ketua Koperasi PDAM Hananuddin, S.Sos, M.Si yang hadir dalam pertemuan ini mengatakan bahwa pelayanan PDAM masih perlu ditingkatkan dengan melengkapi seluruh fasilitas pendukung baik dalam bentuk penambahan peralatan maupun peningkatan kualitas SDM.
Selain itu Hasan menambahkan sebenarnya PDAM sudah punya koperasi khusus PDAM Soppeng yang bernama Kopkar Macinnong yang beranggota 64 orang, dan akan bergabung dengan Inkop Pamsi Jakarta tahun ini karena memang sudah masuk dalam program kerja.


Turut hadir para kepala SKPD yang terkait seperti Koperindag, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Soppeng, Kabag Perekonomian Setda.