Andi Kaswadi Razak: Pattaungeng Ini Sebagai Wadah Silaturrahmi

305

Soppengkab – Bupati Soppeng, menghadiri pesta adat Pattaungeng rakyat Citta, di Permandian Alam Citta, Desa Citta, Kecamatan Citta, Jumat (29/11/2019).

Laporan panitia pelaksana, H.Muhammad Zainuddin, mengatakan pesta adat ini salah satu rangkaian pelestarian nilai – nilai budaya yang ingin menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Pesta adat ini bertujuan untuk mempertahankan warisan dari leluhur, dari masa ke masa untuk anak cucu kita, beberapa rangkaian yang akan di laksanakan diantaranya, Mappadendang, Maseppe, Mattojang, Maddaga dan Tarian tradisional,” ucapnya.

Kegiatan ini berjalan merupakan wujud kerjasama, antara pemerintah Desa, Kecamatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat Citta.

Sambutan, Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak SE, saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah Citta yang telah melaksanakan pesta adat ini yang nyata menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Acara Pattaungeng ini suatu tradisi budaya kita yang di warisakan dari orangtua kita dari turun temurun, acara Pattaungeng ini sebenarnya acara ulang tahun yang di lakukan dengan setiap tahun,” ungkapnya.

Sejarah munculnya 4 sumber air di citta merupakan nikmat tuhan yang di berikan kepada kita, ini patut di maknai dengan berterima kasih dengan pesta adat kepada dengan sang pecipta.

“Selain itu acara Pattaungeng ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturahim, dan berkumpul bersama – sama disini untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan tradisional,” tuturnya.

Turut hadir, Ketua DPRD, Anggota Forkopimda, Kepala SKPD, Kabag Setda.