Di Malam Ke 2 Tarian Dari Kab.Pinrang Mengisi Panggung Seni iLagaligo III

176

Pementasan seni di panggung seni lapangan gasis Soppeng Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Festival budaya dan seminar internasional Lagaligo III di kabupaten soppeng tahun 2018, dibuka dengan persembahan pertama Tari Mallangi Balubu oleh Komunitas Pekerja Seni Kreatif soppeng, Selasa 18 Desember 2018. Pukul 21.00 Wita.

Tarian ini dibawakan 6 gadis berbaju bodo putih dan 2 pria dengan baju adat bugis hijau menari diiringi musik tradisional yang menceritakan asal mula munculnya tomanurung we temmappupu yang ditemukan dalam guci suci di goarie salah satu kerajaan di daerah ini.

Selain itu ditampilkan juga musik oni oni toriolo dari sanggar Malewa laempa kelurahan lalabatarilau kab.soppeng dengan penyanyi nurhaerana dengan judul Ininnawa sabbaraE.

Selain dari Kabupaten Soppeng, tampil juga malam ini sanggar seni Lasinrang dari kabupaten Pinrang yang mempersembahkan tari tradisional “Ana Dara marennu” yang mengisahkan rasa syukur kepada pencipta yang telah memberikan anugrahnya berupa rezeki pada umat manusia.

Sanggar ini didampingi oleh Kabid kebudayaan pada Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten pinrang.

Tampil juga dari Institut seni dan budaya indonesia (ISBI) makassar yang menampilkan Musikalisasi puisi dengan judul “kalau aku berdiam diri” karya Husni Jamaluddin dan “menuju” karya Heru Emka.

Begitu juga sanggar seni rompegading yang tidak mau kalau dengan sanggar lainnya dengan mempersembahkan tari kreasi “Cenni Rara”.

Tak kalah dengan yang lain, sanggar maccolli loloe dengan sukses membawakan oni oni toriolo di depan ratusan pononton yang memadati lapangan Gasis.

Salah satu masyarakat yang hadir Sunari mengatakan bahwa dirinya dari balikpapan, sengaja datang ke soppeng untuk melihat langsung acara ini.

“Saya ingin mengenal tradisi dan adat istiadat bugis, karena jujur diperantauan saya sudah tidak mengenal lagi budaya bugis karena pengaruh moderenisasi” jelasnya

Sunari ditemani keluarganya menyaksikan acara ini.

Muhammad Aimin kabid kebudayaan di dinas kebudayaan dan Pendidikan Kab.pinrang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah soppeng yang telah mengundang daerah kami berpartisipasi dalam event ini.

“Kami juga ingin berpartisipasi melestarikan adat istiadat bugis sekaligus memperkenalkan kabupaten Pinrang” tukasnya.