Kaswadi Razak : Ini Harus Menjadi Keseriusan Kita Menjadikan Kab.Soppeng Sebagai Benteng Kebudayaan

140

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak.SE menghadiri seminar LA GALIGO internasional III pada hari selasa tanggal 18 Desember 2018 di gedung pertemuan masyarakat soppeng Dengan Tema ” La galigo dalam bingkai peradaban dunia”.

Laporan ketua seminar Rektor Unhas diwakili oleh Dekan II Fakultas Ilmu budaya Unhas yang intinya :

-Mengucapkan banyak terima kasih atas pemerintah Kab Soppeng khususnya bapak bupati dan masyarakat pada umumnya yang telah ikut dan berfastisifasi dalam mengadakan atau menyelenggarakan Festival La galigo yang ke 3.

-Festival La galigo ini emang sudah mendunia tapi belum masuk dalam Unesco dan ini merupakan PR buat kami dari Fakultas Ilmu budaya dan khususnya masyarakat Kab. soppeng

Dalam Sambutan Bupati soppeng tentang Festival tentu kita sudah paham bahwa sudah lebih 10 tahun baru dilaksanakan lagi dan Bahwa bangsa kita masih peduli karena sadar atau tidak ini fakta yang perlu menjadi keseriuan kita bersama menjadikan Kab.soppeng menjadi benteng kebudayaan.

Lanjutnya, Festival La galogo ini menjadikan satu catatan dan mewariskan kepada generasi-generasi yang akan datang, karena masih ada sebagian besar naskah kuno yang blom diterjemahkan.

“Menyampaikan kepada seluruh masyarakat soppeng jangan menganggap acara festifal ini adalah syirik, karena ini merupakan festival budaya yang harus di lestarikan,Mudah-mudahan dlm acara festival ini mulai dari kirab, festival adat dan seminar sampai penutupan dapat berjalan dengan aman dan lancar”tuturnya

-Menyampaikan ucapan terima kasih dan mohom maaf apabila kemudian hari ada kejadian yang tdk sesuai keinginan itu diluar kemampuan kami selaku pejabat pemerintah daerah Kab Soppeng.

Turut hadir Dandim 1423/spg, Kajari Kab. Soppeng, Kapolres diwakili AKP Jamaluddin Kabit Binmas, Ketua Pengadilan Negeri soppeng, Ketua pengadilan Agama Kab. Soppeng, Wakil Dekan II Fakuktas Ilmu budaya Prof Dr Rasyid Asba,M.E , Sekda Kab. Soppeng, Para Dosen Fakultas Ilmu budaya Unhas, Para tamu 10 negara asing dan undangan kurang lebih 600 orang