Wagub Sulsel Tekankan Kejayaan Sutera Soppeng Harus Dikembalikan

287

SoppengKab – Pemerintah Kabupaten Soppeng ikut ambil bagian pada pelaksanaan Pameran 11th Indogreen Environment & Forestry Expo 2019 yang dilaksanakan oleh Kementrian Ligkungan Hidup dan Kehutanan RI di Celebes Convention Center, Makassar yang akan berlangsung mulai 4 hingga 7 April 2019.

Expo 2019 ini Dibuka oleh Sekjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan dihadiri oleh Wakil Gubernur SulSel Andi Sudirman Sulaiman ST.

Kabag Humas Protokol Setda Ihsan, mengatakan ke ikut sertaan soppeng di Expo 2019 dalam hal ini cantika sabbeta tentunya ikut memamerkan hasil produk lokal andalan yaitu tenunan Sabbe (sutera) soppeng.

“Tadi telah dilaksanakan fashion show design pakaian berbahan sabbe (sutera) dari binaan Dinas PPK dan UKM Kab.soppeng. beberapa model yang memeragakan pakaian berbahan sutera soppeng,”Tuturnya.

Pemilik industri kecil menengah (IKM) cantika Nurlaela, mengatakan melalui Bapak Bupati soppeng, IKM Cantika di undang khusus oleh panitia atas rekomendasi dari kantor balai kehutanan sosial.

“Selain itu soppeng memamerkan produk lokal andalan termasuk madu asli, kopi tungke, abon ikan, ada juga “ayam mario” ayam super yang mempunyai keunggulan cuma 3 bulan sudah bisa di jual ke konsumen yang biasanya 6/7 bulan kalau ayam lain,”Ungkapnya.

Sementara Wakil Gubernur Prov SulSel, A. Sudirman sulaiman, ST saat mengunjungi stand soppeng mengatakan sutera kab. soppeng harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah, perlu peremajaan dan modernisasi alat penenun sutera.

“Sampaikan proposal melalui Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk membantu para petani dan pengrajin sutera di Soppeng Insya Allah kami akan bantu,” Ungkapnya.

Andi sudirman pun tekankan kejayaan sutera soppeng harus dikembalikan seperti dahulu dengan konsep kekinian.

Turut hadir dalam expo ini kadis Budpar Kab. Soppeng, Kadis PTSP, Kabag Humas dan Protokol, Kabag Ekonomi Pembangunan.