Bupati Soppeng H.A. Kaswadi Razak bertindak selaku inspektur upacara pada pembukaan perkemahan dalam rangka HUT gerakan pramuka ke 57 dirangkaikan dengan pelepasan peserta karang pamitran nasional (KPN) di stadion H. A. Wana laburawung, Sabtu 11 Agustus 2018

Upacara diikuti oleh 1532 orang anggota pramuka dari berbagai Sekolah Dasar, Menengah pertama dan Menengah atas yang terdiri dari pembina maupun penggalang.

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak selaku inspektur upacara sekaligus ketua mabicab pramuka Kab.Soppeng mengatakan bahwa, kegiatan perkemahan ini sangat strategis dalam membentuk karakter dan rasa percaya diri serta disiplin yang tinggi dari para generasi muda sehingga siap menghadapi segala tantangan.

kepada seluruh peserta perkemahan saya minta agar kegiatan perkemahan ini dimanfaatkan sebagai moment untuk mengasah kemampuan, menunjukkan prestasi dan kreatifitas dan yang tak kalah pentingnya membangun solidaritas bersama anggota pramuka.

Dan untuk bapak/ibu yang mengikuti Karang Pamitran Nasional semoga mendapatkan wawasan yg baru dan mentransferkan ilmunya kepada kita semua.

Sementara ketua panitia perkemahan, Sulo mengatakan bahwa, tujuan dari kegiatan perkemahan ini adalah untuk melatih kemandirian anggota pramuka selain itu untuk memprerat tali silaturahmi. Perkemahan ini akan berlansung selama 4 hari,

mulai 11 s/d 14 agustus.

Adapun peserta karang pamitran nasional (KPN) yang terdiri dari 15 orang yang merupakan pembina dan pelatih anggota pramuka Kab.Soppeng, akan berangkat besok pada tanggal 12 Agustus menuju desa Lebakharjo Kabupaten Malang Jawa Timur.

kegiatan yg akan dilakukan Karang Pamitran Nasional adalah Gelar Budaya yang akan diperlihatkan kepada seluruh peserta dari wilayah nusantara, dalam bentuk seni musik, pakaian adat, pajangan kue-kue tradisional serta mensosialisasikan destinasi wisata Kabupaten Soppeng.