Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE Menghadiri Rapat Paripurna DPRD dengan Agenda Penyerahan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Soppeng tahun 2019 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Soppeng jalan Salotungo Watansoppeng, Selasa 14 April 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Soppeng H. Syahruddin Adam. S.Sos, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara umum telah menunjukkan adanya kemajuan dan perkembangan yang positif. Namun demikian, lanjutnya, dibalik keberhasilan tersebut masih ada catatan sekaligus rekomendasi DPRD yang masih perlu dilakukan perbaikan dan pembenahan ke depan.

Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Soppeng atas segala partisipasi dan tentunya dengan komitmen bersama dalam hal pembahasan internal yang telah dilakukan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah tahun 2019 yang mana telah menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan.
Menurutnya, Penyampaian rekomendasi ini merupakan wujud dan implementasi peraturan nomor 13 tahun 2019.
“Rekomendasi ini sebagai upaya membangun sinergitas antara kepala daerah yang menjalankan fungsi eksekutif dengan DPRD menjalankan fungsi pengawasan dalam pemerintahan daerah sehingga terwujud check anda balance antara kepala daerah dengan DPRD dalam melahirkan dan mengimplementasikan kebijakan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat”ungkapnya.

“Menyimak rekomendasi tersebut perlu kami sampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Soppeng telah berusaha seoptimal mungkin mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat kemudian diformalisasi menjadi strategi dan kebijakan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan daerah baik perencanaan lima tahunan berupa RPJMD, maupun perencanan jangka panjang berupa RKPD”jelasnya
Kaswadi mengungkapkan bahwa Pelaksanaan visi dan misi pemerintah daerah dn pencapaian target kinerja sebagian besar telah dilaksanakan dan dicapai pada tahun ke empat dengan berbagai indikator yang memperlihatkan kinerja yang cukup signifikan seperti pertumbuhan ekonomi yang positif meningkatkan perkapita, peningkatan indeks pembangunan manusia dan menurunnya angka kemiskinan yang merupakan gambaran riil dari pencapaian itu.
“Capaian capaian tersebut merupakan buah kerja seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Soppeng yang tentunya tidak lepas dari dukungan legislatif dan Forkopimda serta partisipasi dan kerja sama seluruh elemen masyarakat.”tambahnya

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Soppeng memberikan apresiasi dan ucaoan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya”ucapnya.
“Kami menyadari bahwa hasil yang dicapai tahun 2019 belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan berbagai pihak atas berbagai kekurangan dan kelemahan dalam pencapaian kinerja yang belum maksimal tersebut akanterus diupayakan perbaikan dan peningkatan kinerja pada masa yang akan datang”tuturnya.
Terhadap rekomendasi Dewan yang terhormat, kami merespon baik dan positif yang merupakan masukan yang bersifat konstruktif dan akan menjafi bahan evaluasi dan perbaikan dalam perumusan perbaikan kebijakan guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan ditahun berikut.
“Terkait rekomendasi tersebut saya menegaskan dan mengintruksikan kepada selurih jajaran pemerintah Kabupaten Soppeng untuk mencermati dan menindak lanjuti rekomendasi tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga target kinerja pembangunan dan akselerasi pembangunan dapat kita capai dan nikmati secara riil dan merata seluruh lapisan masyarakat kabupaten Soppeng”paparnya
“Saya percaya bahwa seluruh anggota dewan yang terhormat memiliki komitmen yang sejalan dan terus mendorong tumbuhnya semangat yang berorientasi pada goog goverment yang bermuara pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, olehnya itu bila mana ditemui berbagai kendala dan permasalahan dalam roda pemerintahan ” imbaunya
maka marilah kita bangun terus komunikasi untuk saling mengingatkan dan saling mendukung dalam rangka menyelesaikan agenda pembangunan yang telah kita sepakati bersama”harapnya.

Turut hadir para Pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Soppeng, Sekretaris Daerah Soppeng dan undangan lainnya.