Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE mengikuti Lomba Jalan Perjuangan Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74, dengan Tema ” Melalui Kegiatan Komsos Kreatif Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI ” Selasa 20 Agustus pukul 8.00 wita di makodim 1423/Soppeng Jl.Merdeka no 122 Kel.Lapajung Kec.Lalabata Kab.Soppeng

Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu ide cemerlang untuk mengingatkan kita pada nilai-nilai perjuangan, pengorbanan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan, Marilah kita isi kemerdekaan dengan semangat perjuangan dan nasionalisme, makanya kita laksanakan suatu gerakan bersama untuk senantiasa tidak lupuk dan tidak lupa memaknai nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita.

“Saya Mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kodim 1423/ Soppeng atas inisiasi untuk mengingatkan dan mengenang nilai-nilai perjuangan para pahlawan kita sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan dalam 1(satu)bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dandim 1423 Soppeng Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo SE mengajak seluruh peserta mencintai dan menghargai jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan, sehingga apa yang kita nikmati sampai hari ini adalah hasil perjuangan para pahlawan kita. Adapun rute jalan perjuangan ini Star dari Makodim – Jl.Merdeka – finish Lap.Gasis jln Ksatria Kel.Botto Kec.Lalabata Kab.Soppeng.

Para peserta kegiatan lomba jalan perjuangan BerJumlah 80 Orang Peserta terdiri 8 Kecamatan se-Kab.Soppeng dan terbagi 2 tim di ikuti oleh:

– Babinsa dan Babinkabtinmas

– Lurah/kades dan perangkat lurah/kades

– Para masyarakat binaan dari Kodim dan koramil Dim 1423 Spg.

Adapun kegiatan perlombaan yaitu Lomba Kelereng, Lomba memasukkan pensil ke dalam botol, Lomba memecahkan balon air dengan mata tertutup.

Adapun hasil perlombaan sbb :

1. Lomba jalan perjuangan

a. Juara I : Tim No.13 Dari Kec.Liliriaja

b. Juara II : Tim No.05 dari Kec. Lilirilau

c. Juara III : Tim No 09 dari Kec. Marioriwawo

2. Juara kategori The best costum perjuangan adalah :

– An. Fahmi dan An. Heri dari Desa congko Kec.marioriwawo dengan kostum Sultan Hasanuddin dan Arung Palakka.

3. Juara joget terheboh :

– Juara 1 : An.Hendrik dari Kec. Liliriaja

– Juara 2 : An. Nurul dari Kec. Liliriaja

– Juara 3 : An.Suhardi dari Kec. Lalabata

Turut hadir pada kegiatan ini Kapolres di wakili AKP Haeruddin (Kapolsek Lalabata), Suwarno SH,MH (Kajari Soppeng), Ahmad Ismail SH,MH (Ketua P.N Spg), Drs.Zainal Farid SH,M.Hes (Ketua P.Ag Soppeng)