Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Soppeng (DPC Apdesi Kab. Soppeng) Periode 2019-2020) di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng jalan Salotungo Watansoppeng, 26 Desember 2019.

Ketua Apdesi terpilih Jumaldi bin Bakri dalam sambutannya mengatakan siap menyukseskan program pemerintah untuk membangun dan memajukan desa. Kami akan terus berinovasi dalam membangun desa apalagi Bupati Soppeng terus membimbing kami dalam melaksanakan tugas kami. Kami berharap Pemerintah Kabupaten terus membina dan membimbing kami, karena kami tidak akan sukses tanpa kehadiran dan pembinaan dari pemerintah Kabupaten Soppeng

ketua Apdesi Sulawesi Selatan. Sri Rahayu Usmi, S. Pd menghimbau kepada ketua dan Pengurus Apdesi Kab.Soppeng selalu berkordinasi dengan Bupati Soppeng setiap akan melaksanakan suatu kegiatan.

“kepada seluruh pengurus DPC kabupaten Soppeng tidak ada kegiatan satupun yang bisa dilakukan kecuali tanpa restu dari bapak bupati Soppeng” tegasnya.

Bupati Soppeng dalam sambutannya atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan selamat kepada Ketua APDESI yang baru, semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab demi kemajuan daerah kita, untuk menjadi pengurus harus memiliki kemampuan dan memenuhi berbagai persyaratan yang diatur dalam organisasi yang bersangkutan. APDESI adalah organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa serta pembangunan pedesaan. Dengan demikian, pembangunan masyarakat Desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa berdasarkan kemampuan dan potensi sumberdaya alam yang dimiliki melalui peningkatan kualitas hidup, peningkatan derajat kesehatan, perbaikan gizi masyarakat, keterampilan dan prakarsa masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah menempuh berbagai kebijakan dalam rangka peningkatan dan penguatan otonomi Desa. Dengan adanya pengalokasian Dana kepada Desa, maka Pemerintah Desa diharapkan lebih meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugas Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Tahun 2020 Dana desa tidak melalui rekening kas Pemkab Soppeng tapi langsung ke Kas Desa. Terkait dengan pengelolaan ADD maka diharapkan agar dana tersebut betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat maupun kepada Pemerintah.

Untuk itu saya meminta kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa untuk melakukan pembinaan di lapangan dan melakukan koordinasi kepada instansi terkait, termasuk Camat agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari seperti penyalahgunaan anggaran, kesalahan dalam administrasi pertanggungjawaban dan sebagainya yang dapat berdampak konsekuensi hukum bagi Pemerintah Desa. Kita mengharapkan Pemerintah Desa betul-betul memiliki pedoman dan tatacara pengelolaan ekonomi Pedesaan yang diharapkan mampu menopang pendapatan perkapita masyarakat yang pada akhirnya mengarah kepada peningkatan kesejahteraan mereka. Saya berharap kepada Pengurus APDESI yang baru dilantik, agar dapat bekerja sama dan membangun sinergi dengan berbagai pihak disertai dengan penajaman program. Hal ini penting dilakukan dalam rangka menemukenali kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang dialami selama ini untuk kemudian menyusun suatu konsep yang lebih jelas dan terarah.

Atas nama pemerintah daerah sekali lagi saya ucapkan “Selamat” kepada Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kab. Soppeng yang baru. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik serta dapat mengamalkan nilai-nilai luhur budaya serta nilai-nilai luhur pancasila, mampu membawa penyegaran bagi kiprah organisasi ini ke depan dan senantiasa berada dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT.

Turut hadir Ketua DPRD Kab. Soppeng, Para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng. Sekda Soppeng, Para Kepala SKPD terkait, Para Camat, Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kab. Soppeng bersama Pengurus.