Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE Membuka Diklat Calon Kepala Sekolah Di Gedung Diklat Bksdm Kab.Soppeng Senin 02 Oktober 2017 Pukul 16.00 Wita.
Kepala Bksdm Soppeng Drs.A.Mahmud, MM dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah:


1. menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap, keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial;
2. Memberikan bekal dasar untuk menyusun rencana tindak (merancang kegiatan yang dilakukan selama on the job training).
3. Memperoleh calon kepala sekolah yang berkualitas..
A.mahmud menambahkan bahwa yang bertanggunjawab dalam kegiatan ini adalah pejabat struktural di lingkungan LPMP sulsel dan sebagai master trainer adalah widyaswara LPMP Sulsel dan LPPKS Solo dengan panitia adalah staf LPMP Sulsel dan panitia BKSDM Soppeng.


Peseta diklat calon kepala sekolah Pemerintah Kabupaten Soppeng (in service learning 1) adalah calon kepala sekolah yang telah menduduki jabatan kepala sekolah sebagai pelaksana tugas (plt) dengan rincian peserta terdiri dari jenjang TK=5 ORG, SD = 43 ORG DAN SMP = 12 ORG dengan jumlah total 60 orang, dilaksanakan tanggal 02 sd 08 Oktober 2017.


Hal senada disampaikan Kepala LPMP Sulawesi Selatan Dr.H.Abdul Halim Muharram,M.Pd dengan mengatakan hasil yang diharapkan dari pelaksanaan diklat calon kepala sekolah (in service learning 1 ) adalah meningkatkan kemampuan peserta dan memperoleh calon kepala sekolah bersetifikat yang siap untuk diangkat dan ditempatkan di sekolah.
” menjadi kepala sekolah harus memiliki keahlian dan keterampilan serta harus memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu menemukan solusi dari setiap permasalahan di sekolah tempat ia memimpin” kata muharram.


Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu yang perlu memdapat pembenahan dalam konteks pemberdayaan tenaga pendidik dalam hal ini kepala sekolah adalah peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik itu sendiri, termasuk penguasaan tugas-tugas lainnya yang merupakan tugas tambahan yang harus mereka emban selaku kepala sekolah.


“Kegiatan diklat yang kita laksanakan hari ini merupakan bukti dan komitmen pemerintah daerah untuk membenahi dan memberikan perhatian serius terhadap pembangunan sektor pendidikan dan kegiatan diklat ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan peningkatan kualitas pendidikan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah secara berkesinambungan” ungkap Kaswadi.
“Saya harap semoga pelaksanaan diklat ini betul-betul dapat membentuk pribadi kepala sekolah yang memiliki kapabilitas dan kompetensi yang dapat memberikan sumbangsi dan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tempat kerjanya”harap Kaswadi.


Turut hadir plt.Sekda , Kepala Dinas Pendidikan, Pejabat Perwakilan Lembaga Pengembangan Dan Pemberdayaan Kepala Sekolah(LPPKS) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, narasumber dan Peserta diklat