Bupati Soppeng meresmikan (launching) program Unggulan Sat lantas Polres Soppeng Traffic Accident Quick Respon (TAQR) yang dirangkaikan dengan HUT Polantas ke-62 di Pos 700 Satlantas Polres Soppeng Jl. Merdeka Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng 20 September 2017.
Kasat Lantas AKP Yusuf mengatakan bahwa program ini terbentuk karena tugas pokok kami sebagai polantas dalam menjaga keamanan dan keselamatan lalu lintas serta meningkatkan pelayanan msyarakat dalam hal lalu lintas untuk melakukan penanganan secara cepat kepada korban kecelakaan.


“TAQR bekerja sama dengan dinas kesehatan tim PSC 119 memiliki 10 unit mobil Oto Mappajappa yang siap digunakan secara cepat dalam menangani korban kecelakaan lalu lintas” Jelas Yusuf.
Hal senada disampaikan oleh Kapolres Indra L. Amstono yang mengatakan kalau kegiatan ini sangat penting karena keselamatan masyarakat perlu kita jaga dan saya apreasiasi kinerja lalu lintas di bawah pimpinan AKP Yusuf.


Kapolres menyampaikan perlunya menyelamatkan nyawa korban kecelakaan lalu lintas dengan penangan cepat benar dan tepat, TAQR perlu digelorakan karna TAQR bukan hanya milik polantas tapi juga milik masyarakat.
“Hubungan kita dengan Pemda sudah terjalin dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan dan semoga kedepan kegiatan ini dapat bermanfaat dan berjalan terus tidak tdak terhenti sampai di sini saja karena nilai-nilai sinergitas dan kemanusiaan ada pada program ini” Harap Indra.


Bupati Soppeng dalam sambutannya menyambut gembira dan mengapresiasi Bapak Kapolres Soppeng beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai salah satu program unggulan lalu lintas di Kabupaten Soppeng karena hadirnya program unggulan lalu lintas Polres Soppeng ini merupakan sebuah bukti adanya penyelenggaraan fungsi-fungsi lalu lintas melalui pengkajian masalah lalu lintas, operasional manajemen lalu lintas, serta kegiatan teknis operasionau lainnya telah berjalan optimal dan efektif .


“Hal ini patut kita syukuri di Kabupaten Soppeng adanya Polri dalam masyarakat betul-betul sebagai pengayom juga pelayan masyarakat, yang senantiasa memberi rasa aman bagi masyarakat Soppeng, bahkan kalau ada masyarakat yang mendapat masalah atau musibah langsung dilayani/ditangani, persoalan administrasi RSUD nanti diurus di belakang ” ungkap Kaswadi
Selain itu kepada seluruh unsur pemerintah terutama Kades yang sengaja diundang ke tempat ini supaya segera mensosialisasikan dengan masyarakatnya supaya mereka paham dan tidak takut memakai fasilitas ini karena tidak dipungut biaya sepeserpun dan sampaikan kepada masyarakatnya untuk menggunakan nomor layanan ini pada saat diperlukan.


“jangan main-main karena pada saat dihubungi, petugas langsung respon cepat dan menuju tempat kejadian, pernah ada masyarakat yang iseng setelah di datangi ternyata tidak ada, padahal mereka sudah mempertaruhkan nyawanya dalam perjalanan menuju tempat pelayanan” Jelas Kaswadi.
“Dengan adanya program ini, kita berharap dapat berjalan secara optimal sehingga dapat berkontribusi nyata terhadap penurunan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia karena ditangani langsung dan tepat oleh Tim TAQR ini” harap Kaswadi.
Khusus untuk unsur dari Pemerintah satu Daerah Kabupaten Soppeng yang bergabung dan terkait dengan Tim TAQR ini, saya minta agar meningkatkan kemampuan dan koordinasinya, melaksanakan dengan sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung jawab sehingga tim ini dapat mencapai kinerja maksimal.
Turut hadir Para Kepala SKPD termasuk Direktur RSUD latemmamala dan Plt Kadis Kesehatan
Ketua bhayangkari soppeng, Para Camat, Kepala Desa/Lurah se- Kabupaten Soppeng dan Komunitas Club Motor