Soppengkab – Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak adalah salah satu pemimpin di daerah Provinsi
Sulsel yang paling menginspirasi dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Pasalnya, ia berhasil memutuskan penyebaran Covid-19 dan menjadikan daerahnya sebagai Zero positif sejak tanggal 12 Juni lalu.

Hal itu pun menarik perhatian The International Republican Institute (IRI), dimana pihaknya meminta Bupati Soppeng menjadi panelis dalam National Forum Online yang diikuti 100 calon pemimpin masa depan Indonesia melalui video conference, Senin (15/06/2020).

Dalam video conference tersebut, Bupati Soppeng menyampaikan berbagai terobosannya dalam mencegah penyebaran Covid-19 seperti mengambil langkah cepat dan pengadaan mesin PCR.

Lanjut ia katakan bahwa, saat pertama kali mendengar adanya pandemi ini, ia langsung mengambil langkah cepat dengan mengumpulkan Forkopimda, OPD dan seluruh Kepala Desa, Lurah untuk bersama-sama memikirkan cara penanganan Covid di Kabupaten Soppeng.

“Jadi saya mengumpulkan semuanya termasuk tokoh masyarakat. Ini untuk menyatukan persepsi, terutama sosialisasikan ini kepada masyarakat karena kita harus 1 bahasa,” ujarnya.

Kemudian, setelah melakukan pembahasan langkah-langkah penanganan Covid, ia memulai memilah satu-satu yang mana prioritas.

Alhasil, prioritas utama adalah pengadaan mesin PCR sekaligus mempersiapkan ruangan isolasi perawatan khusus.

“Kami prioritaskan pengadaan PCR dan ruangan isolasi perawatan, karena kami tidak rela rakyat kami dirawat di daerah lain. Bahkan, kami tidak rela mereka di periksa oleh orang lain,” ungkapnya.

Olehnya itu, ia mengambil langkah-langkah tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah dengan langkah-langkah yang kami lakukan ini, kami dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Soppeng,” tutupnya.

 

 

Sumber : Upeks.co.id