Berita Terkini

Bupati Soppeng Sampaikan 2 Ranperda yang Telah Disepakati Oleh DPRD

Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri kegiatan Rapat paripurna DPRD Soppeng Pembicaraan Tk.II dengan Agenda Pengambilan Keputusan terhadap Rancangan perda inisiatif DPRD tentang kepemudaan dan Rancangan Perda inisiatif DPRD tentang Penertiban ternak dan Hewan Liar. Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Soppeng, 18/6/2021.

Rapat dipimpin dan dibuka oleh Ketua DPRD Soppeng H.Syahruddin M Adam, S.Sos,MM.

Kegiatan rapat ini ditandai dengan Penandatanganan berita acara persetujuan bersama di dahului oleh Bupati Soppeng, dilanjutkan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Soppeng, kemudian penyerahan keputusan DPRD oleh ketua DPRD kepada Bupati Soppeng.

Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menyampaikan terhadap 2 ranperda yang telah mendapatkan persetujuan dari masing-masing fraksi, maka kami sampaikan pendapat akhir sebagai Keberadaan Perda tentang kepemudaan akan menjadi landasan yuridis bagi pemerintah daerah melakukan kebijakan pembangunan kepemudaan yang diarahkan untuk mewujudkan organisasi kepemudaan yang serasi diberbagai bidang kepemudaan, meningkatkan pendidikan dan keterampilan bagi pemuda, meningkatkan kewirausahaan kepeloporan dan kepemimpinan bagi pemuda serta meningkatkan perlindungan bagi segenap generasi muda .

Keberhasilan pembangunan pemuda sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keunggulan daya saing merupakan salah satu kunci untuk membuka peluang bagi keberhasilan di berbagai sektor pembangunan lainnya ,oleh karena itu pembangunan kepemudaan dianggap sebagai salah satu program yang tidak dapat diabaikan dalam menyiapkan kehidupan bangsa di masa yang akan datang,

Pengaturan urusan kepemudaan dalam ranperda ini diharapkan dapat meningkatkan upaya penyadaran pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan terhadap pemuda pelopor kabupaten, wirausaha muda dan pemuda Kabupaten menjadi dasar dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan organisasi kepemudaan di tingkat daerah.

Pengaturan penyelenggaraan kepemudaan dalam peraturan dari ini menekankan peran aktif pemuda organisasi kepemudaan, masyarakat dan pelaku usaha yang merupakan potensi sumber daya utama dalam pembangunan kepemudaan di kabupaten Soppeng.

Ranperda penertiban ternak dan hewan liar diarahkan menjadi regulasi daerah yang mengatur secara khusus upaya pemerintah daerah dalam penanganan dan penertiban ternak dan hewan liar serta menggugah kesadaran hukum masyarakat khususnya pemilik, pengembala atau pengadu ternak agar tertib dalam pemeliharaan ternak dan pengembalaan ternak. Sesuai dengan undang-undang nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan disebutkan bahwa pemerintah melindungi, mengamankan dan atau menjamin wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman yang dapat mengganggu kesehatan dan kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan.

Keberadaan Perda ini tentunya relevan dengan kondisi dan perkembangan jumlah dan jenis hewan ternak yang ada di Kab. Soppeng sehingga pengaturan terkait mekanisme dan tata cara penertiban ternak dan hewan liar menjadi substansi yang penting diatur dan sekaligus mencabut keberadaan Peraturan Daerah Tingkat II Kabupaten Soppeng, Nomor 12 tahun 1994 tentang pemeliharaan dan penertiban ternak yang tidak sesuai dengan dinamika dan perkembangan sosial kemasyarakatan dewasa ini.

Adapun sasaran yang akan diwujudkan melalui Perda ini adalah untuk menjaga ketertiban, keamanan, keindahan, terpeliharanya lingkungan yang sehat serta pemanfaatan potensi daerah di bidang pertanian dan peternakan demi peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat serta memberikan arah landasan dan kepastian hukum kepada semua pihak yang terlibat dalam penertiban ternak.

Turut hadir anggota DPRD Soppeng, para anggota Forkopimda, Sekda Soppeng, para staf ahli bupati, asisten setda Kab. Soppeng, para Pimpinan SKPD, Kabag, Camat serta undangan lainnya.

Back to top button
E-GOVERMENT

PEMERINTAH
KABUPATEN SOPPENG

logo soppeng

KABUPATEN SOPPENG

layanan pengaduan

profil kabupaten soppeng

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota di Watansoppeng.Berada pada 4°6’00’’ hingga 4°32’00’’ Lintang Selatan  dan  119°47’18”  hingga  120°06’13”Bujur Timur. Wilayah Soppeng memiliki luas sekitar 1.500 km2 dengan ketinggian antara 5 hingga 1500 meter dari permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki daerah pesisir, sekitar 77% dari total desa/kelurahan diSoppeng bertopografi dataran

VISI KABUPATEN

" Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik "
logo soppeng

KABUPATEN SOPPENG

telepon penting