Turnamen Sepak Bola antar Desa dan Kelurahan se Kabupaten Soppeng yang digelar oleh Asosiasi Kabupaten PSSI Soppeng di buka langsung oleh Bupati Soppeng,H.A.Kaswadi Razak,SE di Stadion H.A.Wana Laburawung kelurahan Lapajung kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng ,Sabtu 21 September 2019

Turnamen sepak bola ini diikuti desa dan kelurahan se-Kab Soppeng dengan Rincian :

-Kecamatan Lalabata : 3 desa 2 kelurahan

-Kecamatan Ganra : 1 desa

-Kecamatan Donri Donri : 8 desa

-Kecamatan Marioriawa : 3 desa

-Kecamatan Lilirilau : 6 desa 1 kelurahan

-Kecamatan Liliriaja : 2 desa 3 kelurahan

-Kecamatan Marioriwawo : 10 desa 2 kelurahan

-Kecamatan Citta : 0 desa 0 kelurahan

Dari 70 desa dan kelurahan yang diberikan undangan, hanya 41 yang ikut berpartisipasi dalam turnamen ini. Turnamen ini di mulai pada tanggal 21 September sampai dengan 13 Okteber 2019.

Sambutan Ketua Askab PSSI Soppeng H.Ismail H. Cedang mengucapkan Puji syukur atas terlaksananya kegiatan ini karena merupakan momentum dan kecintaan kita kepada olah raga sepak bola di bumi Latemmamala ini dalam rangka meningkatkan sepak bola di Soppeng. Menurutnya, ASKAB bertanggung jawab dalam peningkatan prestasi Sepak Bola di daerah ini sehingga dukungan dari semua elemen sangat diharapkan, pemerintah dan pihak swasta sangat kami harapkan.

“Dengan harapan prestasi bisa lebih meningkat dengan melaksanakan kegiatan Turnamen ini sehingga bisa mencari bakat muda dari desa dan kelurahan” tuturnya

Bupati Soppeng dalam sambutannya berharap acara ini berjalan sesuai dengan harapan kita semua.

“turnamen ini adalah turnamen yang sangat berharga terutama kepada kita pencinta sepak bola di Kab.Soppeng dan saya ucapkan pengharagaan yang setinggi-tingginya kepada peserta yang hadir dan ikut” ungkap kaswadi.

“saya tegaskan bahwa pembinaan olah raga ini adalah bagian dari cara menangkal dari sejumlah ancaman negatif pada generasi muda kita”tegasnya.

Kaswadi menjelaskan bahwa bagi yang tidak ikut berpartisipasi akan diberikan peringatan karena kegiatan ini adalah kegiatan yang bernilai positif bagi generasi muda terutama dalam menjalin silaturahim antar generasi.

“kita patut berbangga karena memiliki lapangan sepak bola yang sangat baik dan telah dipakai untuk berbagai event bahkan sepak bola antar kabupaten”jelasnya

“saya minta kepada Askab PSSI untuk menggunakan stadion ini untuk kegiatan pertandingan sepak bola seperti ini” imbaunya

Menurut Kaswadi, Anggaran untuk pembangunan stadion ini sudah berapa kali kami perjuangkan ke pusat, namun hingga saat ini belum juga ada, namun karena kami telah berkomitmen tetap membangun olah raga di daerah ini, maka kami lakukan pembangunan dengan APBD soppeng.

“meski demikian, pembangunan ini mungkin tidak sesempurna yang diharapkan, namun kedepan akan terus kira benahi dan lapangannya kita tanami rumput.

Kedepan saya harapkan semua Desa/Kelurahan harus ikut tanpa alasan karena event ini kita jadikan sebagai ajang tolak ukur para pemain untuk ikut dalam event yang lebih tinggi.

Terima kasih kepada semua pihak, wasit dan panitia yang telah berupaya untuk melaksanakan kegiatan ini.

Pada hari Pertandingan pertama yaitu desa tottong melawan desa lapajung ditandai dengan tendangan pertama oleh Bupati soppeng didampingi ketua Askab PSSI Soppeng dan para Anggota forkopimda Soppeng dan disaksikan ratusan masyarakat.