Soppeng. Kodim 1423 Soppeng melaksanakan Upacara Penutupan Lomba/Festival Budaya Kab.Soppeng dalam Rangka memperingati HUT TNI yang ke 71 di Lapangan Sepak Bola A. Wana Laburawung Kel. Lapajung Kec. Lalabata Kab. Soppeng pada senin sore tanggal 03 Oktober 2016.
Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Jeffry Antonius Bojoh, S.I.P mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah menjadikan tentara sahabat rakyat serta bersama-sama menumbuhkan kembali budaya asli daerah untuk menjadikan soppeng sebagai salah satu tujuan utama pariwisata di Indonesia. “ jenis yang diperlombakan dalam festval ini yaitu Cule-Cule Toriolo dan Oni-Oni Toriolo yang merupakan warisan budaya yang harus di lestarikan” kata Jeffry
Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE yang bertindak selaku Inspektur Upacara Menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. “ banyak hal yang bisa kita petik dalam kegiatan ini, melestarikan budaya merupakan tanggungjawab kita semua, jangan sampai warisan budaya kita hilang atau diklaim oleh daerah lain bahkan Negara lain” jelas Kaswadi.
“ mari kita bersatu menjaga warisan budaya dari para Pendahulu Kita, yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang tak ternilai seperti saling menghargai dalam bentuk sipakatau, sipakaraja, sipakalebbi, sipakainge, yang mamaknai kehidupan kita ” kata kaswadi.
Pada acara ini ditampilkan atraksi budaya berupa Mappadendang, Ma’raga dan dan Mattojang,
Turut hadir Wakil Bupati Soppeng, Wakil Ketua DPRD soppeng, para anggota Forkopimda soppeng, SEKDA, Asisten dan staf ahli, Para Kepala Dinas, Camat, Kades dan Lurah, Para Kepala Sekolah, Tokoh Pemuda dan Masyarakat.