Demi Terciptanya Kualitas Kesehatan, Dinkes Melaksanakan Bakti Sosial Di Pondok Pesantren Ganra

19

Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial Persatuan Terapis Gigi dan Muluk Indonesia Cabang Soppeng 2019 di Pondok Pesantren Islam Ganra desa Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng, Kamis 07 Nopember 2019.

Tema : “GIGI DAN MULUT SEHAT UNTUK HIDUP YANG LEBIH BERKUALITAS MENUJU SOPPENG LEBIH BAIK”

Ketua panitia Hasnawati, SST Dalam laporannya menyampaikan bahwa Maksud Kegiatan bakti sosial ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kepedulian Terapis Gigi dan Mulut terhadap kesehatan gigi dan mulut sejak Usia Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Adapun Tujuan dilaksanakan sebagaimana uraian yang telah disebutkan di atas yaitu :

-Menambah pengetahuan siswa dan siswi tentang Kesehatan Gigi dan Mulut melalui kegiatan Penyuluhan Gigi dan Mulut.

-Meningkatkan kemauan, kesadaran serta kepedulian Siswa dan Siswi terhadap Kesehatan Gigi dan Mulutnya.

-Menjalin hubungan baik antara Petugas Dinas Kesehatan, Petugas kesehatan di wilayah Puskesmas Ganra dengan Terapis Gigi dan Mulut (PTGMI) Kabupaten Soppeng

1.Kegiatan ini berbentuk:

2.Penyuluhan Gigi dan Mulut,

3.Pemeriksaan Gigi dan Mulut

4.Pelayanan Rujukan Gigi dan 5.Konseling Gigi dan Mulut. 5.Senam

6.Pemeriksaan (Penyakit Tidak Menular) PTM

Ketua yayasan Drs. H. ABD. RAHMAN K. Dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih ada kegiatan yang positif apalagi berkaitan dengan kesehatan Dan saya sangat bersyukur atas kegiatan ini yang memberikan banyak manfaat dan Semoga allah memberikan kebaikan kepada kegiatan ini.

Sallang, SKM, M. Kes saat memberikan sambutan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut Sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami sangat berharap seluruh pengurus ganra bisa memberikan pandangan pandangan atau usulan yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan. Apabila ada keluhan dari pondok pesantren kami siap tampung, dan dicarikan solusi yang berkaitan dengan kegiatan kesehatan. Kalau ada yang dibutuhkan dari Dinas kami misalnya tenaga kesehatan silahkan dikonsultasikan. Sering kita dengarkan kalau diasrama asrama pria di luar daerah sering terjadi gatal gatal dan penyakit kulit lainnya yang bisa menimbulkan masalah baru. Selain itu wc harus juga diperhatikan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Bupati Soppeng sudah mengajak seluruh pengurus pesantren untuk memberikan masukan terkait pengembangan pesantren di kabupaten Soppeng. Kalau ada proposal terkait pesatren yang dimasukkan akan kami tindaklanjut secepatnya. Semoga kedepan kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan sehingga lebih banyak manfaatnya pada masyarakat.

Kita berupaya bagaimana kualitas kesehatan masyarakat bisa dipertahankan demi mewujudkan masyarakat soppeng yang lebih baik. Minimal sekali 6 bulan Tolong cek kesehatan kita seperti cek tekanan darah, cek asam urat, cek kolesterol dan cek kadar gula. Pelayanan kesehatan sekarang gratis dimanapun dan kapanpun silahkan hubungi kami, kalau darurat silahkan hubungi PSC segera akan dijemput, Perbanyak makan sayur dan buah buahan.

Kita sekarang menggalakkan program supaya anak kita tidak stunting dengan memberikan makanan dan minuman yang bergizi. Secepatnya akan kami poskestren (pos kesehatan pesantren) di setiap pesantren di kabupaten Soppeng.

Kepala puskesmas ganra mahmud daming, SKM merespon pengembangan poskestren yang bertujuan sebagai pusat layanan kesehatan terpadu di setiap pesantren. Kami dari puskesmas ganra sudah akan merealisasi poskestren ini dalam waktu dekat ini.

“Khusus tahun ini akan dibuat di Pergis Ganra sedangkan pesatren sirathal mustaqim Lompulle menyusul”

Turut hadir tokoh agama dan masyarakat