Soppengkab – Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE resmi melaunching Balla Ewako Sitiroang Deceng bertempat di Desa Lompulle, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, Kamis (25/6/2020).

Kapolres Soppeng, AKBP Puji Saputro Bowo Leksono, mengatakan bahwa bagian dari kegiatan ini adalah dari tingkat nasional, yang dinamai kampung tangguh nusantara, sedangkan kami di Soppeng menamai Balla Ewako Sitiroang Deceng.

Balla ewako ini bagaimana meningkatkan peran serta masyarakat, aparat pemerintahan terkecil dalam penangangan Covid-19.

Di dalam Balla ewako ini ada beberapa devisi diantaranya devisi pangan, kesehatan, keamanan, ini saling mengait dengan tujuan bagaimana kita mengcover penyebaran Covid dari tingkat yang lebih rendah dalam hal ini Desa.

Sementara Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan pada program pertama dipusatkan di tingkat kabupaten di desa Lompulle ini yang mana ada 7 desa yang yang ikut pada program pertama ini yang diprakarsai oleh bapak Kapolres Soppeng beserta seluruh jajaran.

Perlu dijelaskan kepada masyarakat bahwa makna sebenarnya Balla Ewako adalah rumah yang ibaratnya kita dalam satu wilayah 1 kampung prinsipnya semangatnya adalah memberikan semangat kepada masyarakat untuk melawan (ewako) dalam artian melawan La Coro (Virus Corona).

 

Ini penting kita ketahui bahwa tujuan dari pada Balla Ewako ini adalah sesuatu untuk ibaratnya ini posko untuk mendapatkan informasi terkait masalah keadaan sekarang terutama menghadapi Covid-19.

Jadi masyarakat bisa langsung mendapatkan informasi di sini, jadi ini tujuannya adalah di datangi masyarakat tentu maknanya kita tidak boleh lengah dalam menghadapi situasi seperti ini.

Rumah ini Pada Sitiroangngi Deceng, artinya ketika kita telah pijakkan kaki di tangganya berarti ada kebaikan dan informasi yang akan kita dapatkan.

Turut hadir, Ketua DPRD, Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala SKPD, Camat.