Pemerintah Kabupaten Soppeng Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DP3A) Soppeng mendampingi Tim Evaluasi Lapangan Kabupaten Layak Anak Pusat meninjau beberapa lokasi di Kabupaten Soppeng Kamis, 10 Mei 2018.
Tim Verlap ini dijemput di Perbatasan Soppeng Barru (Bulu Dua) dan selanjutnya mengunjungi beberapa lokasi diantaranya MTsN Takalala, Panti Cacat Takkalalla, TK Pertiwi takalalla, Puskesmas Cangadi, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Gugua Tugas KLA, DPPPA, SCC Kominfo, PSC 119, Panti Asuhan Sejahtera Yasrib, PATBM Lemba, Lorong Ramah Anak Dan terakhir di Taman Baca Taman Kalong.


Ketua Tim Verlap KLA DR.Maria Ulfah mengatakan Soppeng sangat Luar Biasa dan mempunyai terobosan yang sangat bagus karena melibatkan semua pihak selain Pemerintah, seperti taman baca yang ada di taman kalong yang mensinerjikan semua stackholder untuk bersama-sama mendukung Soppeng sebagai kota layak anak.
“Semoga Fasilitas taman baca ini bisa ditularkan (dikembangkan) sampai di Kecamatan Kecamatan yang ada di Kabupaten ini” harapnya.


Selain itu, Maria menjelaskan bahwa semakin banyak taman baca yang dibuat semakin bagus karena anak-anak bisa berinteraksi dengan teman temannya dan bisa juga tertarik untuk membaca.
Habib salah satu anggota Tim Verlap KLA mengatakan bahwa Fasilitas fasilitas yang ada di soppeng sangat bagus dan menarik untuk mendukung dan tumbuh berkembang di sini.


“Terkait dengan partisipasi dalam mempertahankan budaya lokas seperti kemahiran anak anak bercerita dalam bahasa bugis sehingga kelak mereka bisa menjadi pelapor dan pelopor untuk melestarikan budaya bangsa apalagi didukung oleh Bupati Soppeng” ungkap Habib
Hal yang menarik disini, lanjut Habib, seperti koordinasinya bagus, dan yang paling penting adalah kebersihan yang senantiasa terjaga mulai dari Perbatasan sampai di taman kalong.
Hanya satu yang belum saya dapatkan adalah apakah masyarakat sudah tahu dan berpartisipasi dalam mendukung kabupaten soppeng menjadi kota layak anak.
Turut didampingi, Kadis DPPPA bersama Jajarannya, Kadis Perpustakaan dan jajarannya, Sekretaris Gugus Tugas KLA bersama Anggota, Kabag humas Setda, Kasi PAIS Kemenag Soppeng, Pembina MTsN Takalalla dan Media