Menteri pertanian Dr.Ir.A.Amran Sulaiman, MP bersama Menteri Desa, Pembangunan Desa Terpencil dan transmigrasi Eko Putro Sandjojo ditemani Bupati Soppeng mengunjungi Lokasi Penanaman perdana padi pada lokasi cetak sawah baru dan penanaman hijaun pakan ternak indigofera.seluas 7 Ha di lokasi perkemahan medde desa patampanua kecamatan marioriawa, Jumat 17 Nopember 2017.
Bupati soppeng mewakili seluruh masyarakat soppeng menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan 2 menteri ini bersama rombongannya.
“Kegiatan kemah bakti ini merupakan media komunikasi dan koordinasi kita dalam rangka memperkokoh komitmen kita dalam mewujudkan kedaulatan pangan sebagaimana tertuang tema bakti pertanian 2017 yaitu kita wujudkan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal yang kreatif, inofatif, dan berkerakter menuju kedaulatan pangan” ungkap kaswadi.

Sesuai dengan tema kegiatan lanjut kaswadi, diformalasikan dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, para petani, penyuluh pertanian.
“Dengan kegiatan ini diharapkan menghasilkan inovasi-inovasi baru di bidang pertanian dan melalui kegiatan ini kita jadikan momentum gerakan keragaman pangan yang berbasis pangan lokal , kebhinekaan sumber karbohidrat pangan lokal yang keseluruhannya dapat mewujudkan kedaulatan pangan yang kokoh” harap kaswadi.
Menteri Desa dalam sambutannya bahwa akan dibuka 2000 HA untuk transmigrasi soppeng dengan bantuan bibit pupuk dan traktor akan diberikan secara gratis bekerjasama dengan dinas pertanian.
Eko menambahkan bahwa kabupaten soppeng ini tanahnya subur dan soppeng mendapat perhatian khusus dari presiden jokowi dengan dana soppeng rata rata mendapatkan 2 milyar per-desa.

Eko menambahkan Pemerintah pusat akan bantu bibit, pupuk, traktor serta sarananya seperti air, irigasi, jalan dan jembatan.
” Masyarakat diharapkan ikut mengawasi pengelolaan dana desa yang besar tersebut, tahun depan presiden minta semua program dana desa wajib dan harus dilakukan secara swakalola” jelas eko.
Menteri pertanian mengatakan keberhasilan seorang kepala desa adalah keberhasilan negeri yang kita cintai.
“Kami adalah pendamping bagi kementerian desa karena kami hanya supporti (pendukung) dan melengkapi kerjanya” ungkap amran.
Pada kesempatan ini menteri memberikan bantua pribadi berupa uang senilai 1000 dolar australia (10.juta) kepada seorang ibu warga miskin, dan memberikan pula pada beberapa masyarakat lainnya.
Dalam kegiatan ini diadakan Penyerahan bantuan senilai 522.363.000 berupa ternak kambing dan penukil jangung dan penyerahan bantuan bundes setara simbolis berupa bantuan modal usaha bundes bersama dalam rangka korporasi pertanian senilai 400 juta,-; bantuan bundes pengembanngan usaha 1 milyar ; bantuannya modal usaha ekonomi keluarga 250 juta; Bantuan modal usaha pengembangan usaha santriwati/santriwan dan bantuan lainnya.
Turut hadir Dirjen dikti, dirjen trans, Perwakilan gubernur Sulsel diwakili kepala dinas pemberdayaan desa sulsel, wakil bupati soppeng Dirjen dikti, dirjen trans, unsur TNI AD, unsur Polri, forkopimda Soppeng, plt sekda, para kepala Skpd, para kepala bagian Setda, Para camat Desa dan Lurah dan undangan lainnya