Gunakan APD Lengkap, TRC Soppeng Evakuasi Sarang Tawon

54

Soppengkab – Tak hanya menanggulangi bencana, seperti banjir ataupun pencarian orang hilang, tapi BPBD Kabupaten Soppeng melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) mendapat tugas untuk mengevakuasi sarang tawon.

Hal ini di buktikan saat mengevakuasi sarang tawon yang ada di Desa Maccile Kab.Soppeng, Kamis Malam (5/6/2020).

Kepala Pelaksana BPBD Soppeng, Sharani Razak, S.Ip, mengatakan berawal dari adanya laporan warga mengenai keberadaan sarang tawon yang sangat membahayakan.

“Menurut informasi yang kami terima bahwa sarang tawon ini sangat membahayakan para petani yang ingin kesawah,” ungkapnya.

Lanjut ia katakan setelah menerima laporan itu kami menerjunkan Anggota TRC untuk segera mengevakuasi sarang tawon tersebut.

“Namun pada saat tim tiba di lokasi, anggota kami mendapat kesulitan karena posisi sarang tawon tersebut berada di tempat yang tinggi dan menempel di bangunan sarang walet,” pungkas Sharani Purna STPDN ini.

Untuk menghindari amukan tawon, anggota TRC di lengkapi dengan Alat pelindung diri (APD) selama proses evakuasi sarang tawon.

“Jadi sarang tawon tersebut dibakar dan hancurkan, sebab kalau tidak di hancurkan jangan sampai tawon tersebut kembali bersarang,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Maccile, Suherman sangat berterima kasih kepada Anggota TRC yang sangat responsif menindak lanjuti adanya laporan warga kami terkait adanya sarang tawon yang membahayakan ini.

“Mudah-mudahan saja tak ada lagi sarang tawon agar tak adalagi warga kami yang resah,” tutupnya.