Berita SKPDBerita Terkini

Hadiri Musrenbang RKPD Tahun 2022, Bupati Soppeng Menyampaikan Beberapa Isu Strategis

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Soppeng Tahun 2022 dengan Tema “percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan dan penguatan kapasitas infrastruktur Wilayah”. Bertempat di Aula Gabungan SKPD Kabupaten Soppeng, 24 Maret 2021.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE menyampaikan Penyelenggaraan otonomi daerah memberikan peluang partisipasi masyarakat terlibat sejak awal dalam perencanaan hingga pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, implikasinya, penyelenggaraan pembangunan daerah merupakan tanggung jawab bersama masyarakat pejabat politik dan birokrasi.

Beberapa hal yang menjadi isu strategies pada tahun 2022 yaitu:

– Pemulihan ekonomi akibat dampak pandemik Covid-19

– Perbaikan kesejahteraan sosial

– Pemenuhan standar minimal pelayanan dasar

– Pengembangan infrastruktur daerah

– Perbaikan tata kelola kepemerintahan

– Optimalisasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Tahun 2022 merupakan tahun percepatan pertumbuhan dan penguatan infrastruktur sehingga Tema Pembanguan Tahun 2022 adalah “Percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan dan penguatan kapasitas infrastruktur wilayah”

Musrenbang penyusunan RKPD kali ini dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan Daerah, menyepakati prioritas pembangunan Daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan.

Sementara Plt.Gubernur Sulsel dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kadis Lingkungan Hidup pemprov Andi Hasdullah mengatakan meskipun pelaksana musrenbang dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid 19 Saya berharap ini tidak mengurangi substansi dari pelaksanaan musrenbang yaitu sinkronisasi dan penyelarasan perencanaan pembangunan pada level pemerintahan kabupaten kota dan penajaman rencana program dan kegiatan rkpd untuk Tahun 2022

secara khusus Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para bupati walikota dan seluruh stakeholder pembangunan atas segala dukungan kontribusi dan sinergitasnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk mewujudkan Sulawesi Selatan yang lebih sejahtera .

Musyawarah perencanaan pembangunan yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan forum dialog antara seluruh stakeholder pembangunan sekaligus menyampaikan rancangan RKPD Tahun 2022 yang memuat arah kebijakan program dan kegiatan strategis beserta indikatif pembiayaan yang bertujuan untuk penyelarasan serta sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dengan nasional serta melakukan verifikasi program dan kegiatan yang diusulkan berdasarkan kewenangan sesuai hasil musrenbang.

Dalam penyusunan dokumen RKPD harus memperkuat perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada proses melalui pendekatan teknokratik ,partisipatif politis , top down dan Button Up Planning. Dengan pendekatan tersebut diharapkan tercipta kerjasama yang kuat antara perangkat daerah dan stakeholder pembangunan lainnya dalam rangka bersinergi dan berbagi peran dalam menjalankan suatu program atau kegiatan proses pembangunan masyarakat pada kabupaten kota.

Sebelumnya Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng Dra.HJ.A.Nurlina,MM dalam laporannya menyampaikan tahapan-tahapan Musrenbang RKPD yang dimulai dengan Konsutasi Publik Rancangan Awal RKPD, Musrenbang tingkat Kelurahahan, Kecamatan, Forum Gabungan Skpd hingga pada Musrenbang RKPD hari ini, yang kesemuanya dilaksanakan melalui Aplikasi SIPD Kementerian Dalam Negeri

Dalam kegiatan ini, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang RKPD, Kabupaten Soppeng Tahun 2022 oleh Bupati Soppeng di dampingi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng.

Back to top button

KABUPATEN SOPPENG

layanan pengaduan

profil kabupaten soppeng

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota di Watansoppeng.Berada pada 4°6’00’’ hingga 4°32’00’’ Lintang Selatan  dan  119°47’18”  hingga  120°06’13”Bujur Timur. Wilayah Soppeng memiliki luas sekitar 1.500 km2 dengan ketinggian antara 5 hingga 1500 meter dari permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki daerah pesisir, sekitar 77% dari total desa/kelurahan diSoppeng bertopografi dataran

VISI KABUPATEN

" Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik "

KABUPATEN SOPPENG

layanan publik