Soppengkab – Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak dan keluarga laksanakan Shalat Idulfitri di Masjid Agung Darussalam Watansoppeng, Minggu, 24/5/2020.

Salat Ied yang di laksanakan oleh pengurus yayasan masjid agung darussalam ini terapkan protokol kesehatan dengan tes suhu tubuh, penyemprotan desinfektan dan physical dastancing.

Bupati Soppeng dalam dalam sambutannya mengatakan melalui kesempatan ini ijinkan saya atas nama keluarga dan Pemerintah Kabupaten Soppeng menyampaikan permohonan maaf yang setingginya bila mana ada salah dan khilaf selama ini.

Lebaran kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan bahkan ini pertama dalam sejarah. Semenjak wabah Covid-19 ini mulai masuk di daerah kita kegiatan-kegiatan kita sudah mulai terbatas, akan tetapi itu adalah salah satu cara kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di tahun-tahun sebelumnya di mana dalam sambutan saya selalu menyampaikan segala program-program dan prestasi pemerintah dalam setahun, tetapi kali ini saya akan menyampaikan kepada kita semua atas apa yang terjadi selama ini di daerah kita selama wabah covid-19 ini.

Alhamdulillah Pemerintah telah menghadirkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang mana bertujuan untuk memeriksa Uji Swab Covid-19 dengan alat PCR nya.

Selain itu ruang isolasi yang kami sediakan di Eks RSUD Ajjapangeng bagi pasien penderita Covid-19. Kenapa kami hadirkan ruang isolasi ini karena kami selaku Pemerintah Daerah tak tega melihat warga kami di rawat di daerah lain.

Saat ini sudah ada beberapa Daerah tetangga yang kami terima untuk pemeriksaan Swab, tapi kami sampaikan untuk Swabnya kami terima tapi mohon maaf pasiennya tidak kami terima.

Pemerintah juga telah menghadirkan mobil pelayanan uji swab keliling, dimana mobil ini sudah berkeliling di 8 Kecamatan untuk mengambil sample swab di masyarakat.

Jika seandainya kami tinggal diam maka wabah ini tidak terdektesi di soppeng, ini merupakan kepedulian kami terhadap masyarakat kami agar terhindar dari Covid-19 ini.

Olehnya itu saya kembali ingatkan kepada kita semua bahwa tubuh yang sehat, pikiran yang sehat akan meningkatkan imun kita, akan tetapi ketika kita lemah dan kita stres, makan imun tubuh dan daya tahan tubuh kita lemah, jangan selalu memikirkn hal-hal yang dapat memicu menurunnya imun kita.

Di sosial media kami selalu mendapatkan kritikan pedis, tapi itu tidak mempengaruhi kerja kami, karena kami berbuat demi kebaikan kita bersama.

Jika dalam kurung waktu 2 bulan ini ada kebijakan-kebijakan yang tidak berkenan di hati mohon di maafkan ini hanya semata demi kebaikan kita bersama. Mari jaga kesehatan, tetap selalu memakai masker, utamakan protokol kesehatan jaga kekompakan dan kebersamaan.

Di hari idul fitri ini, kami telah menugaskan jajaran kami untuk mengawal masjid-masjid di Kabupaten Soppeng yang melaksanakan shalat ied.

Mari kita berdoa bersama dan doakan kami dan para petugas garda terdepan melawan covid-19 ini, karena tanpa dukungan dari masyarakat kita tak bisa apa-apa. Kami yakin virus corona ini akan segera berlalu.