Agenda EventBerita DaerahBerita TerkiniIndustriKecamatanPariwisataPertambanganPertanianPojok DesaSeni & BudayaTerkini

Ini Harapan Kaswadi saat Menghadiri Acara Bursa Inovasi Desa SE-Kab.Soppeng

Program Bursa Inovasi Desa Kabupaten Soppeng dengan tema kerja nyata Desa menuju soppeng yang inovatif, Kegiatan ini melibatkan 49 Desa Dari 8 Kecamatan yang di laksanakan selama 2 (DUA) Hari di lapangan gasis Soppeng, Jumat 28 S/D Sabtu 29 September 2018.

Laporan Ketua Panitia dalam acara bursa inovasi desa ini Camat Lalabata Siti Kurniaty Bayupah, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memaksimalkan proses pengelolaan dan pengetahuan inovasi desa secara sistematis, terencana, terintegrasi dengan pembangunan daerah.

Sambutan Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak mengatakan “saya harap Bursa ini menjadi ajang yang bisa mendorong percepatan program pembangunan yang sudah di jalankan.Bursa inovasi desa adalah salah satu media belajar untuk meningkatkan kualitas inovasi desa secara berkesinambungan.

Lanjut Kaswadi “Kami di kabupaten sudah berjalan inovasi – inovasi dari SKPD namun inovasi yang ada di Desa lebih kreatif dibandingkan sejumlah SKPD”.

Sambil menyelam minum air, itulah istilah yang patut diberikan pada masyarakat kecamatan donri-donri khususnya desa tottong. Kenapa tidak? “Desa yang terkenal dengan penghasil buah naganya mampu menciptakan inovasi baru dengan membudidayakan lebah yang membantu penyerbukan bunga dari buah naga. Madu yang dihasilkan dari lebah ini ditampilkan pada bursa inovasi desa ini, Salah satu penjaga stand kecamatan donri-donri Sahrul mengatakan hanya dengan membuatkan kotak kayu sederhana maka lebah yang dikenal trigona ini bisa menghasilkan madu yang tidak kalah khasiatnya dibanding madu lebah hutan.

“Hasil budidaya ini telah menghasilkan madu dan telah dikelola oleh bumdes massumpubgloloe Desa tottong”jelasnya.

“Harga per botolnya seratus ribu, sebanding dengan manfaatnya dan dijamin asli”tuturnya.

Selain madu trigona dan buah naga, kecamatan donri donri juga memamerkan hasil produk industri rumah tangga seperti amplang desa kessing yang terbuat dari ikan gabus

Dan industri rumah tangga lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini sekda Soppeng, para staf ahli, para Kepala SKPD, para camat, para kepala desa SE- Kab.soppeng

Back to top button
E-GOVERMENT

PEMERINTAH
KABUPATEN SOPPENG

logo soppeng

KABUPATEN SOPPENG

layanan pengaduan

profil kabupaten soppeng

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota di Watansoppeng.Berada pada 4°6’00’’ hingga 4°32’00’’ Lintang Selatan  dan  119°47’18”  hingga  120°06’13”Bujur Timur. Wilayah Soppeng memiliki luas sekitar 1.500 km2 dengan ketinggian antara 5 hingga 1500 meter dari permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki daerah pesisir, sekitar 77% dari total desa/kelurahan diSoppeng bertopografi dataran

VISI KABUPATEN

" Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik "
logo soppeng

KABUPATEN SOPPENG

telepon penting