Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri Evaluasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Ruang Rapat Gabungan Dinas Lt. 3 jalan Salotungo Watansoppeng, Rabu 11 Desember 2019.

A. Agus Nongki, SIP, M. Si Dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi masalah masalah yang dihadapi untuk dicarikan solusi pemecahannya dan selanjutnya dijadikan bahan dasar dalam menyempurnakan pembangunan pada tahun 2020. Menurut A. Agus bahwa Jumlah Anggaran yang ditransfer dari Rekening Kas Umum Daerah ke rekening Desa untuk tahun 2019 sebagai berikut:

1. Jumlah Anggaran Dana Desa sebesar Rp. 67.106.371.000,-

2. Jumlah Dana Desa sebesar 52.014.824.000,-

3. Jumlah Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD) sebesar Rp. 2.549.749.931,-

Bupati saat memberikan sambutan mengapresiasi terlaksananya kegiatan yang bernilai positif ini. menurutnya, Pengelolaan Dana Desa telah diatur dengan regulasi, oleh karena itu saya berharap dalam pengelolaannya harus sesuai dengan aturan berlaku.

seperti kita ketahui, lanjut Kaswadi, Sesuai dengan arahan presiden Jokowi bahwa pengelolaan Dana desa ini bisa mengangkat kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa.

Selain itu, kaswadi menghimbau agar kepala desa jangan pegang uang desa, karena sudah diatur dengan peraturan perundang undangan.

“Kepada Badan Permusyawaratan Desa harus terus mengawasi penggunaan Dana Desa supaya dipakai sesuai dengan peruntukannya, Jangan sampai permasalahan yang timbul selalu berulang ulang tanpa ada solusi yang tepat” tegasnya.

Kita adalah pelayan masyarakat sehingga otomatis selalu siap melayani masyarakat dalam menyukseskan pembangunan di desa diperlukan kerjasama semua pihak setiap permasalahan yang timbul dalam masyarakat harus ditangani dengan cepat sebelum menimbulkan masalah baru apabila ada permasalahan yang sulit dipecahkan oleh pemerintah desa, maka harus berkoordinasi dengan Inspektorat.

Turut hadir Kapolres Soppeng, Auditor Muda Inspektorat Soppeng Vida Nurmawan, Para Kepala Desa Bersama Jajarannya.