Jelang Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Soppeng Keluarkan Surat Edaran Pengelolaan Sampah Plastik

570

Soppengkab – Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak, mengeluarkan surat edaran tentang pengelolaan sampah plastik di pelaksanaan Idul Adha.

Surat edaran yang bernomor 6601/941a/DLH/VIII/2019. Tanggal 7 Agustus 2019, Yang berisi sebagai berikut:

Dalam mendukung pelaksanaan Idul Adha tanpa kantong plastik dan berdasarkan Undang-undang Nomor 18 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah. Peraturan pemerintah Nomar 81 Tahun 2011 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. dan peraturan Bupati Nomor 48 tahun 2018 tentang kebijakan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Serta surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Pengelolaan sampah limbah dan bahan beracun dan berbahaya Nomor SE. Z/PSLB3/PS/PLB.0/7/2019 tanggal 31 Juli 2019. maka disampaikan kepada saudara bahwa untuk tujuan yang dimaksud diatas :

Agar pada saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban dianjurkan tidak menggunakan kantong plastik/atau menghimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging qurban atau alternatif lain yang dapat digunakan sebagai wadah daging qurban dengan mengunakan daun pisang atau daun jati. wadah anyaman bambu atau wadah lain yang tersedia di tempat masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik,”.

Surat edaran ini di tujukan kepada, Para Camat, Lurah / Kepala Desa, dan Imam Masjid Se – Kab.Soppeng.