Kab.Soppeng Meraih Penghargaan STBM Pada Hari Kesehatan Sedunia 2019

19

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak SE menghadiri Seminar dan pemberian penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan kepada Kabupaten/Kota pada hari kesehatan lingkungan sedunia 2019 dengan tema “Tantangan Perubahan Iklim, Saatnya Kesehatan Lingkungan Bergerak Secara Global” di Auditorium Siwabessy, Gedung Sujudi, Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 2 Oktober 2019.

Sebagai bentuk apresiasi, Menteri Kesahatan masyarakat Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) menyerahkan penghargaan STBM Berkelanjutan kepada kabupaten/kota dan provinsi tersebut.

“Saya ucapkan selamat pada daerah yang menerima penghargaan yang bebas dari buang air besar sembarangan” ucapnya.

Dari seluruh peraih penghargaan yang hari ini Salah satunya dari propinsi Sulawesi Selatan diantaranya dua kota yaitu pare pare dan kota Palopo, dan tiga kabupaten yakni Kab. Soppeng

Pinrang, dan bantaeng. Dari Kabupaten Soppeng diraih oleh Nasrina dari puskesmas cangadi untuk Penghargaan STBM Award atas program Gerakan sobat dan Sanitarian terbaik.

Menteri kesehatan Rupublik Indonesia mengajak masyarakat melaksanakan Aktifitas fisik seperti naik sepeda dan makanan makanan sehat. Menkes berharap masyarakat Indonesia selalu menjaga kebersihan lingkungan diantaranya adalah jangan membuang sampah plastik ke sungai.

“masyarakat indonesia merupakan penyumbang sampah plastik di dunia” jelasnya.

“mari kita hidup sehat dengan prilaku hidup sehat mulai dari diri sendiri”ajaknya

Bupati Soppeng menyampaikan apresiasi atas penghargaan ini, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dan bersinergi sehingga soppeng bisa meraih penghargaan ini.

“semoga ini bisa menjadi teladan bagi petugas sanitasi lainnya untuk berpacu dalam meningkatkan kesehatan di daerah soppeng”harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sallang, M. Kes mengucapkan

Sangat bersyukur atas penerimaan penghargaan stbm berkelanjutan ini terutama pada bapak bupati soppeng atas komitmen beliau didalam mendukung pembangunan disegala sektor termasuk sanitasi.

” ini merupakan hadiah untuk bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Soppeng ” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh dirjen kesehatan masyarakat, para walikota dan Bupati, dan ratusan undangan lainnya.