Asisten II Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Drs H. A. Akbar Nur Thahir mewakili Bupati Soppeng memberi sambutan pada acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral Skala Kabupaten di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jl. Salotungo Watansoppeng, Senin 11 Desember 2017.
Akbar dalam memberikan sambutan menjelaskan bila Penyelenggaraan statistik dasar yang meliputi sensus, survei antar sensus, survei sosial dan ekonomi serta survei lintas sektor berskala nasional adalah wewenang dan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik mulai dari pusat hingga daerah, sementara untuk penyelenggaraan statistik sektoral dan statistik khusus merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dalam hal ini menjadi bagian dari kewenangan daerah baik pemerintah daerah provinsi maupun pemerintah daerah kabupaten/kota.
“Data statistik mempunyai peranan penting bagi beberapa kebijakan publik baik sebagaibahan perencanaan ataupun bahan evaluasi dari sebuah program bahwa statistik merupakan pirantipenting bagi pengetahuan dan kebijakan publik yang rasional dan para pembuat kebijakan publikmembutuhkan informasi yang terpercaya untuk mengambil keputusan yang rasional” Jelas Akbar
Akbar Menambahkan bahwa kegiatan statistik bertujuan untuk menyediakan data statistik yang lengkap, akurat dan mutakhir dalam rangka mewujudkan sistem statistik yang handal, efektif dan efisien guna mendukung pembangunan daerahsebagaimana statistik dasar yang dihasilkan oleh BPS kabupaten Soppeng, sedangkan data statistik sektoral diperoleh dari SKPD lingkup pemerintah kabupaten Soppeng sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
selain itu Akbar mengungkapkan kalau pada tahun anggaran 2018 data statistik sektoral yang dibutuhkan di SKPD akan difasilitasi oleh Dinas Kominfo untuk selanjutnya diteruskan kepada BPS Kabupaten Soppeng, upaya dan cara ini dilakukan untuk mengeliminir hambatan-hambatan yang dialami selama ini BPs Kabupaten Soppeng, karena sering data yang dibutuhkan terlambat diterima dari SKPD lingkup pemerintah kabupaten Soppeng.
Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala statistik Kab. Soppeng Ir. H. Rustan, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian Setda, para Camat beserta Kades dan lurahnya serta para pejabat/staf pengelolah Perencanaan dan Pelaporan Masing-masing SKPD.