Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Soppeng melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sekali dalam setahun. Kegiatan ini bekerjasama dengan YAS Indonesia sejak tahun 2013 yang mana saat itu metode yang digunakan sesuai dengan Kepmenpan 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Penyelenggaraan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta kuesioner yang telah dikembangkan oleh Program BEE Kinerja – USAID. Di tahun 2014 dan 2015, metode penyelenggaraan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan pada KPT Soppeng mengkolaborasikan antara Kepmenpan 25 Tahun 2004 dengan Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2014.

Ditahun 2016 ini, KPT Soppeng masih tetap menggandeng YAS Indonesia untuk menyelenggarakan SKM dengan metodologi yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Populasi yakni masyarakat Kabupaten yang telah mengurus perizinan di KPT Soppeng, metode pengambilan sampling melalui Random Sampling dengan teknik Accidental selama periode survei dan diperoleh sampel sebanyak 193 responden. Responden ini terdiri dari 150 kuesioner dari responden yang mengurus sendiri perizinannya, 43 kuesioner dari responden yang mengurus izin melalui perantara.

10 (sepuluh) dimensi yang dijadikan parameter dalam pelaksanaan survei ini, terdiri dari :

  1. Dimensi Persyaratan
  2. Dimensi Prosedur
  3. Dimensi Waktu Pelayanan
  4. Dimensi Biaya / Tarif
  5. Dimensi Spesifikasi Produk Layanan
  6. Dimensi Kompetensi Pelaksana
  7. Dimensi Prilaku Pelaksana
  8. Dimensi Maklumat Pelayanan
  9. Dimensi Penanganan Pengaduan
  10. Dimensi Sarana dan Prasarana

Kegiatan pengumpulan data survei ini dilaksanakan dari tanggal 1 – 10 Desember 2016 melalui Tim yang dibentuk oleh YAS Indonesia dan KPT Soppeng.

Diseminasi hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan pada KPT Soppeng dilaksanakan pada tanggal 28 desember 2016 di Aula Gabungan SKPD Kab. Soppeng. Hasil survei ini disampaikan langsung oleh Dr. Mulyadi Hamid, SE, M. Si bersama Ismu Iskandar, ST, MM. Secara umum, rata-rata tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan di KPT Soppeng dalam kategori baik