Kunjungan Kerja Kadis Perikanan Kab.wajo Dibalai Benih Ikan Ompo, ini Tujuaannya

14

Kadis peternakan kesehatan hewan dan perikanan Ir.Zulkifli,M.Si bersama jajarannya menerima kunjungan kerja dari kepala Dinas Perikanan Wajo Ir.H.Nasfari bersama jajarannya di baruga Balai Benih Ikan Ompo kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Senin 4 November 2019.

kabid perikanan Soppeng Hisbullah S. Menuturkan bahwa Untuk pengelolaan danau tempe sudah ada dari HNSI (himpunan nelayan seluruh indonesia) melakukan pertemuan untuk pengembangan danau tempe dan telah disetujui oleh Gubernur dijadwalkan 16 November 2019, melibatkan dinas yang terkait.

Kadis perikanan Wajo datang bersama kepala bidang dan staf dan juga bersama camat Bellawa yang wilayahnya berada di dalam wilayah danau Tempe selain pengembangan budidaya air tawar, Kegiatan Danau Tempe sudah menjadi isu nasional terkait dengan kegiatan seperti konservasi, serta potensi2 yang telah dibahas sebelumnya di provinsi. Kendala yang ada di danau tempe berupa pengelolaan kawasan di danau tempe, tata ruang, penentuan luasan danau tempe, lelang lelang yang ada di danau tempe dan sekitarnya. Untuk kabupaten Wajo, pelelangan adalah air yang ditawarkan bukan tanah.

Kadis peternakan, kesehatan hewan dan perikanan kabupaten soppeng melaporkan bahwa Pertemuan ini sudah dilaporkan ke pak Bupati dan disambut baik oleh beliau dan beliau mengharapkan agar ada pertemuan tiga kabupaten, Wajo, Soppeng dan Sidrap. Dan tentunya diharapkan agar pihak provinsi yang akan mengambil alih Wilayah Danau Tempe yang dikuasai pemerintah kabupaten soppeng terdiri dari 19 pallawang, 5 pallawang pribadi dan 14 pallawang yang dilelang.

Perubahan yang cukup pada Danau Tempe akibat adanya revitalisasi Danau Tempe, penurunan volume tangkap akibat munculnya fenomena ikan sapu2, selain itu ikan Patin yang mulai merambah di wilayah Danau Tempe, sehingga perlu meningkatkan nilai ekonomis dari ikan sapu2 agar menunjang ekonomi nelayan. Untuk usaha budidaya terjadi peningkatan produksi dari kolam, minapadi, dan UPR.