Soppengkab – Setelah melalui beberapa proses tahapan, akhirnya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kab.Soppeng bisa operasionalkan.

Hal ini diungkapkan Kadis Kominfo Kab.Soppeng, Sarianto. Senin (11/5/2020).

”Alhamdulillah hari ini kami sudah menerima surat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan tentang penetapan Laboratorium Covid-19,” ucap Sarianto.

Lebih lanjut ia jelaskan bahwa Kementerian Kesehatan RI, memberikan izin pemeriksaan Covid -19 dapat dilakukan sepanjang memenuhi syarat sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.01/MENKES/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan Uji RT PCR SARS CoV2 bagi Laboratorium di Lingkungan Rumah Sakit dan Laboratorium lain yang melakukan Pemeriksaan Covid-19.

”Selain itu harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. AIur/mekanisme pelaporan yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.02.01/MENKES/234/2020,” ungkapnya.

Ini merupakan salah satu upaya dan cita – cita Bapak Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi razak, dalam memerangi virus corona ini, sehingga kita tak butuh waktu lama untuk menunggu hasil dari pemeriksaan Covid-19 di Soppeng.

Diketahui laboratorium Labkesda Kabupaten Soppeng ini diresmikan langsung Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah, pada Rabu 22 April yang lalu.