Image-Kades-150x150-1

Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Soppeng
LABKESDA
RS LATEMMAMALA
LAYANAN PUSKESMAS
Tab Title

Pelayanan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan.

Laboratorium Kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat dimana laboratorium sebagai pelaksana teknis kesehatan dan sebagai satuan penelitian kesehatan mempunyai fungsi antara lain :

  1. Pelaksana kesehatan sesuai dengan fungsi pembangunan kesehatan
  2. Pelaksana dan pembina hubungan kerjasama antara pelaksana kesehatan lainnya dan masyarakat

Agar pembangunan bidang kesehatan ini dapat berhasil serta tugas dan fungsi kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik maka perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan pemberdayaan sarana dan prasarana laboratorium bagi penunjangnya, yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam peningkatan mutu kesehatan dan akan mempengaruhi pula efesiensi dan efektivitas dalam pelaksanaannya.

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Laboratorium kesehatan masyarakat adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan terutama untuk menunjang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Ruang Lingkup Jenis Pengujian
Lingkungan
  1. Kualitas air bersih; air minum; air kolam renang; badan air; air minum isi ulang; air minum dalam kemasan
  2. Limbah cair: limbah cair kegiatan hotel; rumah sakit; dan kegiatan industri
  3. Tanah
  4. Udara ambient
Makanan
  1. Bahan pengawet makanan: formalin; boraks.
  2. Pewarna makanan: rhodamin; methamin yellow.
  3. Cemaran mikrobiologi
  4. Cemaran logam
Hygiene dan Sanitasi
  1. Penjamah makanan
  2. Usap alat

Laboratorium Klinik

Laboratorium Klini adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit, dan pemulihan kesehatan. Spesimen klinik adalah bahan yang berasal dan/ atau diambil dari tubuh manusia untuk tujuan diagnostik, penelitian, pengembangan, pendidikan, dan/atau analisis lainnya, termasuk new-emerging dan re-emerging, dan penyakit infeksi berpotensi pandemik.

Pemeriksaan teknik sederhana adalah pemeriksaan laboratorium menggunakan alat fotometer, carik celup, pemeriksaan metode rapid, dan/atau mikroskopik sederhana yang memenuhi standar sesuai ketentuan yang berlaku.

Pemeriksaan teknik automatik adalah pemeriksaan laboratorium menggunakan alat automatik yang memenuhi standar sesuai kebutuhan yang berlaku mulai dari tahap melakukan pengukuran sampel sampai dengan pembacaan hasil. 

LAYANAN LABORATORIUM KLINIK LABKESDA KABUPATEN SOPPENG
1 Hematologi
2 Imunoserologi
3 Urinalisis
4 Kimia Darah
5 Parasitologi

.

.

.

KABUPATEN SOPPENG

layanan pengaduan

profil kabupaten soppeng

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota di Watansoppeng.Berada pada 4°6’00’’ hingga 4°32’00’’ Lintang Selatan  dan  119°47’18”  hingga  120°06’13”Bujur Timur. Wilayah Soppeng memiliki luas sekitar 1.500 km2 dengan ketinggian antara 5 hingga 1500 meter dari permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki daerah pesisir, sekitar 77% dari total desa/kelurahan diSoppeng bertopografi dataran

VISI KABUPATEN

" Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik "

KABUPATEN SOPPENG

layanan publik