IMPS Unismuh Makassar bekerja sama dengan Dispora Kab.Soppeng mengadakan lomba olahraga tradisional antar kecamatan Se-Kabupaten Soppeng sebagai rangkaian hari jadi Soppeng ke 757 tahun dengan tema membangkitkan semangat generasi muda melalui olahraga tradisional Latemmamala sebagai tindakan dalam menyikapi perkembangan zaman di Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng.
Selasa,(06/03/18)
Setiap perwakilan kecamatan akan mengikuti 10 lomba tradisional diantaranya lomba Mallogo, Majjeka, Massallo, Terompa, Lari Karung, Mapeppe congkang, Mataru, Makkadaro dan Magalanto.


Ketua IMPS Unismuh Makassar, Muh.Alim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja kita dari imps unismuh, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional yang hampir sudah tidak pernah kita lihat dan mainkan lagi pada saat sekarang ini karna dikalahkan oleh kecanggian teknologi.
“oleh karena itu kami berharap supaya permainan tradisional tetap dilestrikan sehingga dapat memacu pariwisata kita” Jelas Alim
Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak SE saat membuka acara secara resmi mengatakan kegiatan ini merupakan hal yang perlu di apresiasi krn dengan kegiatan ini kita dapat melestarikan budaya olahraga tradisional.


“ini sangat positif sekali karena selalin dapat menumbuhkan semangat kerja sama, meningkatkan keakraban dan sebagai ajang silaturahim juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat” ungkap Kaswadi
Kaswadi menjelaskan bahwa setiap permainan tradisional itu memiliki arti dan memiliki makna dan melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak lebih mengenal permainan yang berasal dari daerah kita, karna itu kita harus bangga sebagai orang soppeng yg memiliki budaya yg sangat banyak dan luar biasa.
“mari kita jadikan kompetisi ini untuk menjadikan anak-anak lebih cerdas, mari tingkatkan terus virus-virus positif untuk generasi yang akan datang”ajaknya
Turut hadir, kadispora, para camat , para guru olahraga se kab.soppeng, para peserta lomba, dan para tamu undangan lainnya.