Pemerintah Kebupaten Soppeng melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Soppeng melaksanakan kegiatan konsultasi publik terhadap proses perubahan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Kabupaten Soppeng tahun 2005-2025 di ruang rapat Gabungan SKPD di Jalan Salotungo Watansoppeng, 02 Oktober 2018.

PLT. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng Kamruddin, SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Tujuan dilaksanakan konsultasi publik ini adalah :

1. Untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal perubahan RPJPD

2.untuk membahas permasalahan pembangunan daerah dan isu isu strategis daerah.

3. Untuk mengevaluasi capaian penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Soppeng.

4. Serta untuk menciptakan komitmen bersama antar pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJPD dalam melaksanakan pembangunan daerah

Sekda Soppeng saat membacakan sambutan Bupati Soppeng mengatakan bahwa rencana pembangunan jangka panjang merupakan salah satu rangkaian perencanaan pembangunan dengan kurun waktu 20 tahun.

“RPJP disusun sebagai pedoman, arah, dan panduan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka menengah secara politis berasal dari visi dan misi pimpinan terpilih baik ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Presiden” Jelasnya

oleh karena itu, lanjut A.Tenrisessu, RPJP sejatinya adalah perencanaan 20 tahun ke depan yang tentunya didasari dengan data, prediksi maupun asumsi-asumsi tentang apa yang akan dicapai dan apa yang akan terjadi pada masa 20 tahun.

saya berharap para peserta dapat berperan secara aktif menyumbangkan aspirasi, ide, dan pemikirannya sehingga konsultasi publik ini bisa benar benar efisien dan efktif” harap A.Tenrisessu.

Dalam kegiatan ini dihadiri Para Asisten dan staf Ahli Setda, Para Kepala SKPD, para kepala Instansi Vertikal dan BUMD Kab.Soppeng, para Camat se-Kabupaten Soppeng, ketua Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kades/Lurah dan undangan lainnya.