Soppengkab – Setelah tertunda hampir satu bulan akibat pandemi Covid 19, Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng melalui Bappelitbangda akhirnya bisa melaksanakan tahapan Musrenbang Kabupaten untuk penyusunan RKPD Kabupaten Soppeng tahun 2021, Kamis (16/4/2020).

Melalui video conference, sebagai upaya pemerintah Daerah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona sesuai dengan arahan mendagri dalam surat edaran nomor 440/2436/sj tanggal 17 maret 2020 tentang pencegahan penyebaran covid 19 di lingkungan pemda dan menindaklanjuti arahan mendagri nomor 440/2552/sj tanggal 23 maret 2020 perihal pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten Kota tahun 2021.

Musrenbang Kabupaten dimulai dengan pemutaran video sambutan seragam Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang dibacakan oleh Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. DR. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU.

Bupati Soppeng, H.A. Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya menegaskan bahwa RKPD Kabupaten Soppeng Tahun 2021 merupakan tahun transisi dari pelaksanaan RPJMD kabupaten soppeng 2016-2021 sehingga diharapkan pada tahun 2021 tersebut semua elemen fokus kepada keberlanjutan pembangunan melalui konsolidasi pemerintahan yang semakin solid.

“Pemerintah Daerah selama kurun waktu 2016-2019 telah bekerja maksimal dan Alhamdulillah berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, kita telah mendapatkan hasil yang capaiannya jelas dan terukur berdasarkan indikatorindikator kinerja yang telah ditetapkan dan bukan sekedar klaim semata” ujar Andi Kaswadi dalam Sambutannya sambil menjelaskan secara umum Prioritas Pembangunan Kabupaten Soppeng di Tahun 2021.

Turut memberikan sambutan dan arahan adalah Ketua DPRD Kabupaten Soppeng dan Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng tentang Pokok Pokok pikiran DPRD Kabupaten Soppeng Tahun 2021 dan Gambaran kondisi makro kabupaten Soppeng. Selain itu, Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan juga memberikan penjelasan tentang Rancangan Awal RKPD Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Kepala Bappelitbangda kemudian dilanjutkan oleh Kepala BPKPD yang menjelaskan tentang Analisis Keuangan Daerah dan Kerangka Pendanaan RKPD tahun 2021.

Musrenbang Kabupaten dihadiri dan dilaksanakan bersama dengan seluruh Pimpinan SKPD, seluruh Camat, Perwakilan Kepala Desa dan Lurah, Delegasi Kecamatan se Kabupaten Soppeng. Turut hadir pula Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Soppeng.

Sebelum sesi diskusi, Kepala Bappelitbangda, Andi Nurlina, juga memberikan penjelasan singkat tentang Rancangan RKPD Kabupaten Soppeng tahun 2021 yang telah dibagikan dan dipelajari oleh peserta Musrenbang satu hari sebelum pelaksanaan. Sesi diskusi dijalani dengan menarik oleh semua perwakilan kecamatan meskipun kadang terinterupsi oleh gangguan jaringan. Seperti tahun tahun sebelumnya delegasi mempertajam dan memastikan usulan mereka terakomodir oleh SKPD dan berjalan dengan lancar. Sehingga diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini bisa makin menguatkan kualitas Rencana Kerja Pemerintah Daerah di Tahun 2021.