Berita DaerahBerita Terkini

Menghadiri Hari Jadi Kab.Soppeng ke-760, Ini Yang Ditekankan Sekda Prov.Sulsel Kepada Pemda Kab.Soppeng

Peringatan Hari Jadi Soppeng (HJS) ke-760 Tahun 2021 digelar melalui Rapat Paripurna di Ruang Paripurna Lantai 2 Gedung DPRD Kabupaten Soppeng, Selasa 23 Maret 2021.

Rapat paripurna di pimpin dan di buka oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Syahruddin M Adam, pada kesempatan ini menjelaskan bahwa peringatan Hari Jadi Soppeng yang dilakukan tiap tahun termasuk pada tahun ini dilaksanakan dalam sebuah rapat paripurna DPRD sesungguhnya bukanlah semata-mata bentuk ceremony dan rutinitas tanpa makna dan arti, namun dibalik itu begitu banyak sisi yang dapat dipetik hikmahnya.

Selaku anggota dewan memandang setidaknya ada 3 sisi yang berhubungan erat dengan yang lainnya,

1. Peringatan hari jadi ini dapat menjadi moment refleksi terhadap apa yang kita lakukan dan yang kita capai di tahun lalu.

2. Dapat menjadi momentum untuk merencanakan dan mencapai prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Pelaksanaan peringatan Hari Jadi yang dilaksanakan dalam sebuah rapat paripurna bukan berarti sebuah penyederhanaan, justru memandang sebagai peringatan Hari Jadi yang Paripurna karena anggota DPRD adalah wakil rakyat dengan demikian dapat dimaknai bahwa hari ini Rakyat Kabupaten Soppeng memberikan mandat kepada kita semua untuk meluapkan rasa sukacitanya atas bertambah umur daerahnya

Untuk itu tema hari jadi “Dengan semangat hari jadi Soppeng ke 760 kita satukan tekad dalam memantapkan keberlanjutan pembangunan untuk supaya lebih baik” adalah sebuah tema yang tepat dijadikan penyemangat dan spirit untuk membawa daerah kita yang lebih baik dan salah satu kunci keberhasilan adalah kesatuan tekad kita sendiri.

Pembacaan sejarah singkat Hari Jadi Soppeng oleh Sekda Kab.Soppeng Drs.H.A.Tenri Sessu,M.Si.

Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini adalah hari bersejarah bagi masyarakat terkait soppeng karena telah mencapai 760 tahun. Dimana ini merupakan sejarah panjang yang telah melalui dinamika-dinamika pemerintahan

Sebagaimana yang kita saksikan sendiri bahwa kita mempunyai tanggung jawab yang sama, eksekutif legislatif adalah penyelenggara pemerintahan daerah harus saling bahu-membahu memperbaiki daerah dan membuat sejarah bukan hanya untuk Soppeng, Sulawesi Selatan, Indonesia dan bahkan untuk Dunia.

Kesempatan dan momen ini tidak berulang-ulang sehingga kami bertekad dengan semua elemen yang ada di Soppeng ini adalah harga diri “sirita, siriku to, sirita, sirita maneng to soppeng nge”. Sehingga apa yang dicanangkan oleh ibu Rektor Unhas akan memulai dan memberikan suatu komitmen kerjasama bersama kita untuk membangun pendidikan yang terbaik di dunia.

Terkait Covid-19, kami bersama semua pihak berusaha bagaimana mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan dengan menyiapkan adanya fasilitas mesin PCR, ruang perawatan dan ICU karena wabah ini tidak bisa kita hindari. Tapi kita tidak boleh lemah menghadapinya karena ekonomi, pendidikan, kesehatan juga harus terjaga dengan baik dan dengan itu, Alhamdulillah walaupun Soppeng kecil tidak kelihatan di peta tapi Kab.Soppeng memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sulawesi Selatan dengan pertumbuhan 2,19% lebih tinggi dari provinsi dan kabupaten lain. Artinya suasana seperti ini, kita tidak boleh lemah dan lengah tengah masyarakat karena ini merupakan kewajiban kita untuk bagaimana menggerakkan ekonomi dan pergerakan lainnya tidak boleh berhenti hanya karena menghadapi suasana pandemi saat ini.

Semoga amanah yang diberikan kepada kami, dapat kami selesaikan dan melaksanakan tanggung jawab ini bersama wakil bupati dan tentunya pada pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan kami memohon kepada masyarakat Soppeng untuk senantiasa memberikan dukungan dan perhatian dalam menjalankan roda pemerintahan kedepannya dan dapat menuntaskan masa jabatan dengan kesan dan hasil yang baik.

Sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menyampaikan tidak hentinya kita mengawal pandemi Covid-19 yang merupakan tantangan kita semua di mana kita semua telah melakukan eksistensi dan ujungnya untuk pemulihan ekonomi nasional yang akan kita gerakan secara simultan, dan ekonomi nasional yang ada di provinsi dan kabupaten menunjukkan bahwa perekonomian di kabupaten Soppeng berada di atas rata-rata provinsi.

Berkaitan dengan recofusing anggaran, saya tentu menekankan dan fokus pada pemulihan ekonomi yang ujungnya adalah pertanian, kemiskinan dan stunting untuk melakukan yang namanya padat karya. Kita lakukan tentu dengan berbagai pertimbangan yang bisa mendapatkan efek dari potensi ketika kita membangun infrastruktur, destinasi wisata pertanian dan lain-lain. kita berharap ekonomi nasional bisa bangkit kembali di era pandemi ini. Hal lain untuk memperlancar transportasi yang memudahkan masyarakat mengangkut hasil produksi pertanian untuk dipasarkan sehingga diharapkan dengan bertambahnya ruas jalan akan menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kabupaten Soppeng

Di kabupaten Soppeng memiliki banyak potensi diantaranya tempat wisata yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi daerah salah satunya adalah kawasan wisata Lejja, yang akan dijadikan tempat wisata andalan Indonesia dengan aroma belerang yang tidak terlalu berbau dan suhu air saya sangat bagus untuk kesehatan. Sehingga tentu Hal ini dapat dioptimalkan pemanfaatannya dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Kita ingin ekonomi berjalan dengan baik maka memperbaiki jalan dan infrastruktur lainnya harus diprioritaskan agar roda perekonomian terus berjalan dengan baik dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat, dan saya berharap Kab. Soppeng dapat menjadi salah satu daerah yang ramah wisata untuk investasi, di mana ada dua hal yang didorong Pemprov, pertama investasi harus cepat kemudian ekspor harus lebih kuat, karena dua hal ini dianggap sangat relevan memacu dan mengacu pada penurunan kemiskinan. Serta saya tekankan kepada kabupaten Soppeng untuk memperhatikan masalah stanting yang sangat penting dalam menghadirkan generasi SDM kedepan.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemerintah kab. Soppeng dengan Universitas Hasanuddin (Pembangunan Lokasi Kampus Vokasi UNHAS), UNHAS),

-Penyerahan CSR Sulselbar,

-Penyerahan Secara Simbolis Kunci Mobil Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab.Soppeng

-Penayangan Tayangan Audio Visual Pembangunan Kab.Soppeng.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel meresmikan sejumlah proyek diantaranya peresmian :

– APBN (Pembangunan SMPN 2 Watansoppeng).

– APBD Provinsi Sulawesi Selatan (Bantuan Keuangan), (Peningkatan Ruas Jalan Latappareng Akkuwaepelange, Akses menuju Lejja)

– ABPD Kab. Soppeng (Rehabilitasi di Irigasi Lajaroko.

– DAK (Pengadaan Alat-alat Angkutan Darat Bermotor Ambulance)

– DAD (Pembangunan Jembatan Gantungan Desa Bulu’.

– ADD (Pembangunan Kantor Desa Masing)

Turut hadir, Rektor Unhas bersama rombongan, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, para pejabat Eselon se Kab. Soppeng, para Camat beserta kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng.

Back to top button

KABUPATEN SOPPENG

layanan pengaduan

profil kabupaten soppeng

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota di Watansoppeng.Berada pada 4°6’00’’ hingga 4°32’00’’ Lintang Selatan  dan  119°47’18”  hingga  120°06’13”Bujur Timur. Wilayah Soppeng memiliki luas sekitar 1.500 km2 dengan ketinggian antara 5 hingga 1500 meter dari permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki daerah pesisir, sekitar 77% dari total desa/kelurahan diSoppeng bertopografi dataran

VISI KABUPATEN

" Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik "

KABUPATEN SOPPENG

layanan publik