Pemerintah Kabupaten Soppeng Bekerjasama Dengan Kodim 1423 Soppeng Melaksanakan Kegiatan Nonton Bareng (Nobar) Film G30SPKI Di Lapangan Gasis Jalan Kesatria Watansoppeng, 30 September 2017 Pukul 19.30 Wita.
Wakil bupati Soppeng Supriansa, SH,MH mengatakan kegiatan ini merupakan hal yang positif dan mendidik karena dengan menonton film ini maka kita sebagai generasi bangsa dan sebagai generasi penerus dapat mengetahui sejarah dengan jelas apa yang terjadi pada bangsa kita ini.


“Dengan menyaksikan film ini mulai dari awal sampai penculikan dan penyiksaan diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotik pada generasi bangsa saat ini dapat lebih menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan bangsa sehingga kejadian ini tidak terulang lagi” jelas supriansa.
Supriansa di depan penonton menjelaskan dengan lengkap sejarah terbentuknya partai komunis, pemberontakannya dengan menculik beberapa jenderal, sampai penumpasan PKI oleh jenderal Soeharto.


Bupati Soppeng H.A.Kaswadi,SE dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada kodim 1423 dan seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan ini.
Bupati menyampaikan rasa syukur dan berharap dengan diadakannya kegiatan ini maka dapat memberikan pemahaman kepada generasi bangsa tentang penghianatan yang dilakukan oleh yang menamakan diri gerakan G30SPKI yang mencoba menghancurkan kedaulatan NKRI yang sama kita cintai ini.


“Gerakan ini sangat sadis dan tidak berprikemanusiaan bahkan pembunuhan dan penyiksaan dilakukan oleh saudara dan keluarga sendiri”ungkap kaswadi.
Bahkan kaswadi mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin bahwa penghianatan dan peronrongan oleh PKI bisa saja terjadi lagi walau dengan bentuk dan gerakan yang berbeda, jadi kita harus waspada dan selalu menjalin persaudaraan untuk mempertahankan negara indonesia dari kehancuran karena penghianatan.


“Salah satu bentuk penghancuran generasi bangsa sekarang ini adalah peredaran dan pemakaian narkoba, narkoba merupakan musuh yang sangat berbahaya dan lebih kejam dari gerakan G30SPKI karena mulai dari orang dewasa sampai anak2 adalah sasaran dari narkoba ini” kelas kaswadi.
“Mari kita bersama perangi narkoba karena narkoba telah merusak generasi penerus bangsa, bahkan para narapidana yang ada di soppeng 70.% adalah maslah Narkoba”ajak kaswadi.
Selain itu bupati Soppeng mengajak seluruh masyarakat soppeng untuk mengisi kerdekaan ini dengan kegiatan yang positif dan memberi manfaat yang baik pada hidup orang banyak dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendoakan para para pahlawan dan pendahulu kita supaya mendapatkan tempat yang layak di sisiNya .
Para penonton yang berasal dari siswa sd sampai mahasiswa serta masyarakat umum mengatakan sangat senang seperti yang dikemukakan oleh Salya 8 tahun kelas 3. sd 4 kalenrunge.yang bersama ayahnya mengatakan bahwa baru pertama melihat film ini dan sangat senang karena bisa memgetahui sejarah bangsa.
Begitu juga pada Muhammad aidil 17 tahun siswa kelas 1 smk pgri soppeng bersama temannya mengatakan rasa penasaran untuk melihat film ini.
Lain halnya dengan Ika yuniarti 20 tahun mahasiswa lamappapoleonro semester 1 walau sudah sering melihat film ini di internet tapi tetap ingin nonton lagi karena alur ceritanya yang bagus dan tidak membosankan.
Nobar ini dihadir oleh ketua Dprd Soppeng, plt Sekda, Para kepala Skpd, ketua dan wakil ketua TP-PKK soppeng, kepala bagian Setda, para camat dan lurah serta ribuan masyarakat soppeng yang hadir.